PENERAPAN MODEL INTERNSHIPS WORK BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PRAKTIK UNTUK MENINGKATKAN LIFE SKILL DAN JIWA ENTREPRENEUR MAHASISWA PENDIDIKAN VOKASI

Hadromi Hadromi(1),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan penelitian untuk memformulasikan dan menerapkan model Internships Work Based Learning pada pembelajaran praktik untuk meningkatkan life skill dan jiwa entrepreneur mahasiswa vokasi. Model penelitian tindakan kelas (PTK) ini   dilaksanakan di Laboratorium  Media Penddidikan, dan laboratorium kelistrikan dan AC Mobil Jurusan Teknik Mesin FT. UNNES. Populasi dan sampel penelitian terdiri dari mahasiswa Program Studi D-3 Teknik Mesin (Pendidikan Vokasi) yang mengambil mata kuliah kelistrikan otomotif. Mahasiswa ini terdiri dari satu rombel berjumlah 21 mahasiswa.   Pemenuhan tolok ukur keberhasilan penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Pengukuran  life skill melalui instrumen tes parktik, sedangkan peningkatan jiwa kewirausahaan mahasiswa diukur melalui isian lembar observasi selama melaksanakan praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi model Internships Work Based Learning pada pembelajaran praktik pada mahasiswa D-3 Teknik Mesin merupakan model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman kerja (work experience) atau kerja dalam bimbingan (work shad- owing) saat praktik, pembelajaran terjadi sebagai hasil aktivitas di tempat kerja pada pembelajaran praktik yang meningkatkan life skill dan jiwa entrepreneur. Model dikembangkan dari penjabaran kurikulum, pembuatan RPP, kelengkapan alat, bahan serta adanya kolaborasi antara mahasiswa dengan latar belakang SMA dan SMK dalam ke- lompok pembelajaran praktik. Setelah model diterapkan dalam pembelajaran praktik, pemenuhan tolok ukur penelitian terjadi pada tiga siklus. Siklus pertama, kedua, dan ketiga dengan nilai life skill mahasiswa berturut-turut sebesar: 79,17, 80,74, dan 81,91. Frekuensi mahasiswa yang memperoleh nilai diatas 81 berturut-turut sebanyak 41,86%, 47,62%, dan pada siklus ketiga sebanyak 52,38%. Sedangkan hasil obeservasi terhadap jiwa Entrepreneur mahasiswa  menunjukkan  jiwa  kewirausahaan  mahasiswa  D-3  Teknik  Mesin  meningkat  optimal,  kondisi  ini  ditunjukkan dari pemenuhan sifat-sifat kewirausahaan berupa   frekuensi kehadiran saat praktik, hadir tepat waktu, Suasana pembelajaran berlangsung interaktif, terjalin kerjasama dan diskusi yang efektif dan  interaktif dalam kerja kelompok.

Keywords

model, Internships Work Based Learning, Kompetensi, Life Skill, Entrepreneurship

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.