PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DRILL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA STANDAR KOMPETENSI MENGUKUR

Mohammad Efendi Yusuf(1), Agus Suharmanto(2), Murdani Murdani(3),


(1) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(3) Prodi Pendidikan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini  bertujuan mengetahui  nilai standar kompetensi mengukur menggunakan alat ukur  dengan metode pembelajaran demonstrasi dan metode pembelajaran drill. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Pre test-Post test Control Group Design, menggunakan Tes pilihan ganda sebagai alat pengumpul data penelitian. Populasi penelitian adalah siswa kelas X Teknik Pemesinan SMK Negeri 1 Kota Semarang terdiri dari 108 siswa dan diambil 72 siswa sebagai sampel. Hasil analisis data diperoleh rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 81,70 dan rata-rata kelas kontrol adalah 72,70. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai dua varians yang sama. Pada uji perbedaan dua rata-rata diperoleh thitung= 4,66. Untuk α = 5% dan dk = (36+36-2) = 70 diperoleh t(0,95)(70)  = 1,99, karena thitung  ≥ t (0,95)(70)  maka H0  ditolak, hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar secara signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol atau dengan kata lain hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol.

Keywords

metode pembelajaran drill , alat-alat ukur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.