PENGARUH PENGGUNAAN LKS BERGAMBAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA GAMBAR PROYEKSI EROPA

M. Nur Al Khadik(1), Budiarso Eko(2), Widi Widayat(3),


(1) Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan LKS bergambar melalui model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar membaca gambar proyeksi Eropa, serta untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi dengan menggunakan LKS bergambar melalui model pembelajaran langsung bergambar disertai teks dibandingkan dengan menggunakan media konkret. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen two group pre test-post test design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X TKR SMK Negeri 3 Semarang. Sampel diambil secara acak dan didapat siswa kelas X TKR3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X TKR2 sebagai kelas kontrol. Rata-rata hasil belajar membaca gambar proyeksi yang dipe- roleh kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 22,47, yang mulanya 53,2 menjadi 75,67. Sedangkan rata- rata nilai kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 11,67, yang mulanya 53,5 menjadi 65,17. Dari hasil uji ana- lisis juga menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar membaca gambar proyeksi Eropa setelah menggunakan LKS bergambar melalui model pembelajaran langsung sebesar 10,8.

Keywords

Model Pembelajaran LKS Bergambar, Gambar Teknik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.