PENGEMBANGAN EDUCATION GAME UNTUK PEMBELAJARAN PERBAIKAN SISTEM PENGISIAN DAN IDENTIFIKASI KOMPONEN-KOMPONENNYA
(1) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(2) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
(3) Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran education game dan mengetahui peningkatan prestasi siswa kelas XI TKR SMK N 1 Puring, Kebumen pada pembelajaran sistem pengisian dan identifikasi komponen-komponennya yang menggunakan education game. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, lembar tes validasi dan soal
(pretest-posttest). Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif kualitatif dan membandingkan hasil uji penerapan pretest-posttest antara kelas yang menggunakan media education game dan kelas yang tidak menggunakan media education game. Pendekatan penelitian pengembangan yang meliputi beberapa tahap yaitu dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develop-Implement-Evaluate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran dinyatakan layak berdasarkan uji kelayakan produk dengan persentase kelayakan: 79,83% menurut ahli media, 88,46% menururt ahli materi, 92,45% menurut guru, dan 83,22% menurut siswa. Media pembelajaran dengan education game telah teruji keefektifannya dengan hasil nilai rata-rata kelas dengan media education game lebih tinggi dibanding kelas yang tidak menggunakannya.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.