Kesiapan Siswa Kelas XII SMK Menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer

Syifa Fauziyah(1), Mochamad Bruri Triyono(2),


(1) Universitas Negeri Yogyakarta
(2) Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kesiapan siswa Kelas XII SMK dalam menghadapi UNBK ditinjau dari kesiapan internal siswa yang terdiri dari aspek minat, motivasi, pengetahuan, dan sarana prasarana. (2) Kesiapan siswa Kelas XII SMK dalam menghadapi UNBK ditinjau dari kesiapan eksternal siswa yang terdiri dari aspek lingkungan sosial dan lingkungan non-sosial. Penelitian ini merupakan penelitian jenis deskriptif dengan pembuktian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah semua siswa kelas XII program keahlian Akuntansi di SMK Ma’arif 7 Kebumen yang berjumlah 32 siswa. Angket yang digunkan dalam penelitian dalam bentuk skala likert. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pada kesiapan internal siswa meghadapi UNBK, sebagian besar siswa memiliki kategori sedang (cukup siap). Pada aspek minat (90,63%), motivasi (84,37%), pengetahuan (75,00%), dan sarana prasarana (65,63%). (2) Pada kesiapan eksternal siswa meghadapi UNBK, sebagian besar siswa memiliki kategori sedang (cukup siap). Ditinjau pada aspek lingkungan sosial (53,13%) dan Lingkungan Non-sosial (81,25%).

 

This study aims to determine: (1) Readiness of Vocational School Class XII students in facing CAT in terms of students’ internal readiness which consists of aspects of interest, motivation, knowledge, and infrastructure. (2) Readiness of Vocational School Class XII students in facing CAT in terms of students’ external readiness consisting of social and non-social environmental aspects. This study is a descriptive research with quantitative approach. The subjects of this study were all students on grade XII Accounting skills program at SMK Ma’arif 7 Kebumen which amounted to 32 students. Questionnaire used in research in the form of a Likert scale. Data were analyzed using descriptive statistics. The results showed that (1) On the internal readiness of students facing CAT, most students have a moderate category (quite ready). On aspects of interest (90.63%), motivation (84.37%), knowledge (75.00%), and infrastructure (65.63%). (2) On the external readiness of students facing CAT, most students have a moderate category (quite ready). Viewed on social environmental aspects (53.13%) and Non-social Environment (81.25%).

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Syifa Fauziyah, Mochamad Bruri Triyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.