PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA HUMANISTIK BERBASIS KONSTRUKTIVISME DENGAN STRATEGI PETA KONSEP MATERI TURUNAN
(1) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
(2) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
(3) Kampus Unnes Bendan Ngisor, Semarang, 50233
Abstract
Dari hasil analisis lapangan menunjukkan perangkat pembelajaran yang ada kurang memaksimalkan potensi peserta didik. Sebuah tantangan menarik untuk menghadirkan pembelajaran matematika yang humanistik, kontruktivis dan efektif. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika humanistik berbasis konstruktivisme dengan strategi peta konsep yang valid, praktis dan efektif pada materi Turunan. Penelitian pengembangan ini menggunakan modifikasi model Thiagarajan 4-D. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi: silabus, RPP, LKS, Buku Ajar Siswa, dan Tes Prestasi Belajar pada materi Turunan. Cara pengambilan data dengan observasi, angket dan tes. Olah data dengan uji pengaruh regresi, uji one-sample t-test dan uji banding dengan Independent Sample Test. Hasil validasi ahli menunjukkan semua perangkat yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan. Hasil uji coba lapangan menunjukkan pembelajaran praktis, dibuktikan dengan respons Guru baik dan sangat baik ,serta respons siswa baik sebsar 96,67%. Pembelajaran efektif, ditandai dengan (a) nilai Tes Prestasi Belajar peserta didik mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 82,67 dan ketercapain nilai ≥75 adalah 93,3% 9 (b) aktivitas dan  motivasi berpengaruh terhadap prestasi belajar sebesar 94,3% dan (c) rata-rata prestasi belajar kelas eksprimen sebesar 82,67 lebih baik dari pada kelas kontrol yang hanya 77,33. Kesimpulannya, pengembangan perangkat pembelajaran matematika adalah valid, praktis dan efektif.
Â
From the analysis of some reseach shows that there are fewer devices to maximize the learning potential of students. An exciting challenge to bring a humanistic learning mathematics, constructivist and effective. This research aims to generate a device-based humanistic constructivist learning mathematics with a valid concept map strategies, practical and effective on the material derivatives. This development used a modified model of 4-D Thiagarajan. Learning device being developed include: syllabus, lesson plans, worksheets, Student Textbook and Learning Achievement Tests on the material derivatives. Data is analyzed by observations, questionnaires and tests. Expert validation results showed all the devices that are developed to meet the criteria of validity. The results of research shows practical learning, as evidenced by the response and very good teachers, and students respond is 96.67%. Effective learning, characterized by (a) the value of Learning Achievement Test students achieve mastery in the classical i.e 82.67 and achievement value ≥ 75 was 93.3% 9 (b) activity and motivation affect achievement of 94.3% and (c) the average achievement of 82.67 experimental classes are better than the control class that only 77.33. In conclusion, the development of the teaching of mathematics is valid, practical and effective.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2013 H. Pratikno, A. Rusilowati, S.B. Waluya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.