MENINGKATKAN SUSTAINABILITAS ORGANISASI NIRLABA DENGAN MODEL MANAJEMEN DUAL CORE
(1) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(2) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
(3) Jurusan Psikologi, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Semarang
Abstract
Organisasi nirlaba sebagai penggerak terbesar ke-3 perekonomian nasional, bukan tanpa masalah. Tim pengabdi menganalisis akar dari problem organisasi nirlaba: 1) Terbatasnya sumber finansial organisasi. 2) Manajemen organisasi yang tidak efektif. 3) Kurangnya keterampilan kewirausahaan. Penelitian ini bertujuan untuk membantu menanggulangi problem tersebut dan menjadikan organiasi nirlaba lebih sustainable menggunakan model manajemen “Dual-Core” yang merepresentasikan dua core (inti): core kewirausahaan, dan core perencanaan organisasi. Penelitian ini termasuk jenis research and development. Metode pengamatan pra-pelatihan dan paska-pelatihan, dengan alat bantu checklist dipergunakan untuk mengumpulkan data. Dua organisasi nirlaba menjadi organisasi mitra pengembangan ini. Berdasarkan program penelitian dan pengembangan tersebut, tim peneliti mendapatkan hasil bahwa kedua organisasi menunjukkan progres pada “core kewirausahaan” yang ditunjukkan dengan adanya berbagai aktivitas wirausaha dalam organisasi tersebut. Pada “core perencanaan organisasi”, kedua organisasi tersebut tampak belum merestrukturisasi manajemen dan belum menempatkan wirausaha sebagai divisi strategisnya. Hal itu akibat dari pengamatan paska-pelatihan yang dilakukan hanya satu bulan setelah pelatihan manajemen Dual-Core untuk organisasi nirlaba
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Allison, M. dan Kaye, J. 2004. Perencanaan Strategi. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.
Alma, B. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta
Assauri, S. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. FEUI. Jakarta.
Daft, R. L. 1978. A Dual-Core Model of Organizational Innovation. The Academy of Management Journal, 21(2), 193–210. doi:10.2307/255754
Flippo, E. B. 1994. Manajemen Personalia: Edisi Keenam, Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. 2000. Manajemen Pemasaran. Jilid 2.Jakarta. Bumi Aksara
Sastrohadiwiryo, B. Siswanto. 2002. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia: Pendekatan Administratif dan Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.
Swastha, B,. 2005. Manajemen Pemasaran Modern. Liberty,. Yogyakarta.
Tjiptono, F. 2008. Strategi Pemasaran. Edisi ke 3. Yogyakarta: Andi
Wardhana, A. 2014. Sistem Pengendalian Manajemen Pada Organisasi Nirlaba. makalah. Tidak dipublikasikan. Universitas Gadjah Mada
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License