EVALUASI KELAYAKAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI YANG DIHASILKAN PADA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN
(1) 
(2) 
Abstract
Pelatihan membuat alat peraga biologi tiga dimensi ini bertujuan
untuk: (a) praktek pembuatan alat peraga tiga dimensi berbasis biologi pada materi embriologi hewan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidang kewirausahaan dengan berkreasi menciptakan alat peraga tiga dimensi berbasis biologi dan (b) dan (c) analisis kelayakan alat peraga oleh pakar materi. Kegiatan dilakukan menggunakan metode pemaparan materi dan praktek langsung di laboratorium Perkembangan hewan Jurusan Biologi. Untuk mengetahui apakah kegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam kewirausahaan, dilakukan penelitian sederhana menggunakan metode survei terhadap tanggapan peserta setelah pelatihan. Untuk mengetahui kelayakan alat peraga yang dibuat, dilakukan evaluasi kelayakan oleh pakar materi menggunakan lembar validasi. Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Dari hasil data tanggapan peserta sebelum dan sesudah pelatihan, diketahui bahwa sebanyak 80% peserta pelatihan menyatakan berminat mengaplikasikan ketrampilan ini dalam kegiatan PPL, KKN dan atau penyusunan skripsi. Sebanyak 65% peserta menyatakan berminat memanfaatkan ketrampilannya sebagai alternatif berwirausaha dan 70% menyatakan optimis alat peraga semacam ini jika ditekuni akan mampu bersaing dipasaran. Meskipun produk yang dihasilkan dalam pelatihan masih terdapat kelemahan dan kekurangan, akan tetapi secara umum hasilnya layak untuk dimanfaatkan sebagai alat peraga dalam pembelajaran. Hasil evaluasi pakar materi diperoleh bahwa 80% produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran dengan kategori sesuai/baik, sedangkan 20% yang lain kurang sesuai.
Kata kunci : alat peraga, biologi, kewirausahaan, tiga dimensi
Full Text:
PDFReferences
Alma B. 2005. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung : Alfabeta
Anidityas NA, NR. Utami dan P. Widiyaningrum. 2012. Penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia pada kualitas belajar siswa SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal 1 (2) : 60-69
[Kemendiknas] Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. panduan program mahasiswa wirausaha. direktorat jenderal pendidikan tinggi direktorat kelembagaan tahun 2010.
Prawirokusumo, Yasben & Dana. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewirausahaan : Suatu Upaya Bagi Keberhasilan Program Pendidikan Berbasis Luas (Broad Based Education and Life Skills). Bandung : Angkasa
Sadiman AS, R. Rahardjo, A. Haryono & Rahardjito.1996. Media Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.
Wadiatmo. 2006. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD dalam menentukan volum bangun ruang melalui penggunaan
alat peraga kubus satuan. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.
Sudjana N. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License