POTENSI KELUARGA DALAM PENDIDIKAN HOLISTIK BERBASIS KARAKTER PADA ANAK USIA DINI

Rasdi Ekosiswoyo(1), Tri Joko(2), Tri Suminar(3),


(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(2) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
(3) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang

Abstract

Tujuan  penelitian  ini  adalah  (1)  mendeskripsikan  dan menganalisis  potensi  keluarga  untuk  menstimulasi  perkembangan anak  secara  holistik  berbasis  karakter;  (2)  mendekripsikan  dan menganalisis  perkembangan  apresiasi  nilai-nilai  fundamental  anak  secara  holistik  berbasis  karakter;  (3)  menemukan  model  konseptual hubungan  potensi  keluarga  dengan  perkembangan  nilai  fundamental anak  secara  holistik  berbasis  karakter.  Penelitian  ini  menggunakan metode  pendekatan  kualitatif,  pengumpulan  data  dengan  teknik wawancara  mendalam,  dokumen  dan  observasi.  Untuk  menjamin keabsahan  data  digunakan  teknik  triangulasi  sumber  dan  teknik triangulasi  metode.  Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  potensi keluarga  dalam  bentuk  pengasuhan  anak  usia  dini  berbeda-beda berdasarkan  kategori  seting  wilayah,  status  sosial,  etnis,  dan  agama.  Pola  pengasuhan  anak  dalam  keluarga  juga  mengalami  perbedaan mulai dari permisif, otoritatif, dan authoritarian.

Kata Kunci: potensi keluarga; pendidikan holistik; berbasis karakter; anak usia dini

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats