MODEL PEMBELAJARAN DAN EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET B DAN PAKET C DI KOTA SEMARANG
(1) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang
Abstract
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :Untuk mendeskripsikan Program Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Paket C di Kota Semarang. (1). Mengetahui kegiatan proses pembelajaran, sistem evaluasi dan sistem Uji kompetensi pada lembaga penyelenggara program pendidikan kesetaraan ilpaket B dan Paket C di Kota Semarang (2). Mengetahui dan mendeskripsikan faktor-faktor penghambat dan pendukung terselenggaranya Pogram Pendidikan Kesetaraan Paket B dan Paket C di Kota Semarang. Untuk mengungkap data penelitian digunakan pendekatan survey ,dengan teknik pengumpulan data mengunakan kuwesioner dan Wawancara  model Deskriptif prosentase dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Program Kejar Paket B dan Paket C setara SMP dan SMA di SKB Kota Semarang, dilaksanakan dengan mengunakan kurikulum 2004 dan KTSP, proses pembelajaran dilakukan hari senin sedang hari jum,at seminggu 4 kali. (2) Di Program kesetaraan Paket C ini diterapkan model belajar tutorial adalah 2 SKS untuk mata pelajaran pembinaan aklak mulia, 13 SKS untuk Mata Pelajaran Akademik dan 3 SKS untuk Praktek Kecakapan hidup (Life Skiil) dan untuk belajar mandiri secara terstuktur dialokasikan waktu sebanyak 18 SKS belajar mandiri terstruktur. Sedangkan pada Program Kejar Paket B Bahan pembelajaran yang digunakan  lebih banyak mengacu pada modul yang diberikan pada peserta didik. Adapun Mata pelajaran yang diajarkan di program Paket B ini antara lain meliputi : Pendidikan agama, Pendidikan Keawrganegaraan, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Ingris, Matematika, Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu Pengetahuan alam, :Kesenian, Pendidikan jasmani, Kerumahtanggaan, Ekonomi lokal, Ketrampilan Bermata pencaharian/Muatan Lokal, Teknologi informasi dan komuikasi dan etika
Kata Kunci: model penyelenggaraan; kesetaraan; kejar paket b; kejar paket c
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
View My Stats