RELATIONSHIP OF METACOGNITIVE AWARENESS AND SELF EFFICACY TO MATHEMATICS LEARNING OUTCOMES
Abstract
References
Aisyah, S., & Ridlo, S. 2015. Pengaruh Strategi
Pembelajaran Jigsaw terhadap Skor
Keterampilan Metakognitif siswa pada
Mata Pelajaran Biologi. Unnes Journal of
Biology Education, 22-28.
Alwisol. 2016. Psikologi Kepribadian. Malang:
UMM Press.
Anantyarta, P., & Sari, R. L. 2017. Collaborative
And Metacognitive Skills Analyze Through
Autoplay Multimedia Based On Means Ends
Analysis. Jurnal EDUBIOTIK, 1-10.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu
Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka
Cipta.
Bandura, A. 1997. Self-Efficacy the Exercise of
control. New Yirk: W.H. Preeman and
Company.
Cahyo, S., & Budiarto, M. 2016. Pengaruh Self
Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap
Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 22 Surabaya Pada
materi Lingkaran. Mathedunnesa Jurnal
Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(5), 511-
Cera, R., Mncinia, M., & Antonieta, A. (2013).
Relationship Between Metacognition Self
Effycacy and Self Regulation in Learning.
ECPS Journal, 7, 115-141.
Disai, W., Dariyo, A., & Basaria, D. 2017.
Hubungan Antara Kecemasan
Matematika dan Self Efficacy dengan
Hasil Belajar Matemaika Siswa SMA X
KOTA Palangkaraya. Jurnal Muara Ilmu
Sosial, Humaniora, dan Seni, 1(2), 556-
Flavell, J. 1976. Metacognitive Aspects of Problem
Sloving. In L. Resnick (Ed). The Nature of
Intelegence , 231-235.
Juhrani, H. S. 2017. Analisis Kemampuan
Komunikasi Matematis Berdasarkan
Self-Efficacy Siswa pada Model
Pembelajaran Mea. Unnes Journal of
Mathematics Education Research, 6(2), 251
- 258.
Schraw, G., & Dennison, S. 1994. Assessing
Metacognitive Awarenness. Contemporary
Educational Psychology, 460-475.
Sihaloho, L., Rahayu, A., & Wibowo, L. 2018.
Pengaruh Metakognitif Terhadap Hasil
Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi
Melalui Efikasi Diri Siswa. Jurnal
Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan,
(2), 121-136.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang
Mempengaruhu. Jakarta: Rineka Cipta.
Somawati. 2018. Peran Efikasi Diri Self Efficacy
terhadap Kemampuan Pemecahan.
Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(1), 39-
Sugiyono. 2016. Statistika Untuk Penelitian.
Bandung: Alfabeta
Thayeb, T., & Putri, A. P. 2017. Kemampuan
Metakognisi untuk Meningkatkan
Keterampilan Pemecahan Masalah
Matematika Siswa Kelas VIII B MTS
Madani Alauddin Paopao Kabupaten
Gowa. Jurnal Matematika dan
Pembelajaran, 5(1), 1-17.
Wahyuni, S. 2016. Pengaruh Efikasi Diri, Cara
Belajar, Persepsi Siswa Tentang
Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa
Tentang Perhatian Orangtua Terhadap
Hasil Belajar Kelas XI MAN Di Kota
Palu. Jurnal Matematika dan
Pembelajarannya, 2(2), 21-42.
Yunanti, E. 2016. Hubungan Antara
Kemampuan Metakognitif dan Motivasi
Belajar dengan Hasil Belajar Biologi
Kelas IX MTS N Metro Tahun
Pelajaran 2013/2014. BIOEDUKASI
Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 81-89.
Zumro’atun, M., Setyarsih, W., & Rohmawati,
L. 2016. Identifikasi Awal Profil Self
Efficacy Siswa SMA Hasil Belajar Fisika
dan Model Pengajarannya., 7(1), 41-46.
Wahyuni, A. E., & Sukirman. 2018. Peran
Students Engagement dalam Memoderasi
Pengaruh Self Efficacy dan Self Regulated
Learning terhadap Kompetensi Akutansi.
Economic Education Analysis Journal, 7(1),
-106.
Wahyuni, S. 2016. Pengaruh Efikasi Diri, Cara
Belajar, Persepsi Siswa Tentang
Komunikasi Guru dan Persepsi Siswa
Tentang Perhatian Orangtua Terhadap
Hasil Belajar Kelas XI MAN Di Kota
Palu. Jurnal Matematika dan
Pembelajarannya, 2(2), 21-42.
DOI: 10.15294/est.v3i2.29021
Refbacks
- There are currently no refbacks.