THE EFFECTIVENESS OF THE THINK PAIR SHARE MODEL BASED ON CULTURAL HERITAGE ON THE RESULTS OF IPS LEARNING
Abstract
References
Anggraeni, Dewi Mutia., & W, E. D. (2018).
Keefektifan Penerapan Model
Pembelajaran Think Pair And Share
Melalui Pendekatan Inquiry Ditinjau dari
Kemandiriran Belajar Terhadap Prestasi
Belajar Matematika. Jurnal Sekolah Dasar,
(3), 75–83.
Bamiro, A. O. (2015). Effects of guided
discovery and think-pair-share strategies
on secondary school students’ achievement
in chemistry. SAGE Open, 5(1). 1-7
https://doi.org/10.1177/21582440145647
Fajrin, Oktaviastuti Awalia, dkk. (2019).
Pengaruh Pembelajaran Saintifik Think
Pair Share (S-TPS) Terhadap Minat
Belajar Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Ilmiah
Sekolah Dasar, 3(1), 35-43.
Hardini, Isriani dan Puspitasari, Dewi. 2017.
Strategi Pembelajaran Terpadu (Teori,
Konsep, dan Implementasi). Pekalongan:
Familia.
Hardiyanto, Wahyu., & Santoso, R. H. (2018).
Efektivitas PBL setting TTW dan TPS
ditinjau dari prestasi belajar, berpikir kritis
dan self-efficacy siswa. Jurnal Riset
Pendidikan Matematika, 5(1), 116-126.
https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i1.1112
Harumini, Ni Luh., Sudana, D. N., & Tastra, I.
D. K. (2017). Pengaruh Model
Pembelajaran Think Pair Share Terhadap
Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Ips
Siswa Kelas V Sd Di Gugus Vii Kecamatan
Sukasada. E-Journal PGSD Universitas
Pendidikan Ganesha, 5(2). 1-10
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran
dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Indriani, Diah Septi. (2014). Keefektifan Model
Think Pair Share. Journal of Elementary
Education. 3(2), 21–27.
Kristin, F. (2015). Keefektifan Model
Pembelajaran Berbasis Budaya (PBB)
untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS.
Scholaria, 5(2), 46-59.
Murtako, M. (2015). Culture-Based Character
Education in Modernity Era. Ta’dib, 20(1),
-164.
https://doi.org/10.19109/td.v20i1.326
Prasetyo, Aji Tulus, dkk. (2018). Pengaruh
Model Pembelajaran Think Pair Share
Berbantu Permainan Teka-Teki Berantai
Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa
Kelas V SDN Gayamsari 01 Semarang.
Jurnal Pesona Dasar. 6(1), 1–13.
Rutherford, Stephen. (2015). E pluribus unum:
The potential of collaborative learning to
enhance Microbiology teaching in higher
education. FEMS Microbiology Letters,
(23), 1–6.
https://doi.org/10.1093/femsle/fnv191
Rianingsih, Dewi., Mawardi, M., & Wardani,
K. W. (2019). Penerapan Model
Pembelajaran TPS (Think Pair Share)
Dalam Rangka Meningkatkan
Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas 3.
NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian
Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 339–
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i
394
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Setyasto, Novi., & Wijayama, B. (2018).
Penerapan Perangkat Pembelajaran IPS
Model TPS dengan Media Video untuk
Meningkatkan Karakter, Aktivitas, dan
Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan
(Teori Dan Praktik), 2(2), 128-133.
https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p128-
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran
Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Supriadi, Arisetyawan, A., & Tiurlina. (2016).
Mengintegrasikan Pembelajaran
Matematika Berbasis Budaya Banten Pada
Pendirian Sd Laboratorium Upi Kampus
Serang. Mimbar Sekolah Dasar, 3(1), 1–18.
https://doi.org/10.17509/mimbarsd.v3i1.2510
Susanto, Ahmad. 2016. Pengembangan
Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di
Sekolah dasar. Jakarta: Prenadamedia
Group.
Tembang, Yonarlianto, dkk. (2017).
Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar
Melalui Model Pembelajaran Think Pair
Share Berbantuan Media Gambar Di
Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 2(6),
–817
DOI: 10.15294/est.v3i2.29025
Refbacks
- There are currently no refbacks.