BENTUK PERTUNJUKAN ORKES DANGDUT PARODI SENGGOL TROMOL DI SEMARANG: KAJIAN BENTUK DAN FUNGSI

Euis Septia Alviani(1),


(1) Universitas Negeri Semarang, Kampus Sekaran Gunungpati, Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pertunjukan musik dan fungsi musik Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol bagi masyarakat Kota Semarang. Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol adalah orkes dangdut parodi yang berada di Kota Semarang. Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol memiliki keunikan yang berbeda diantara orkes musik parodi lainnya. Hal ini ditunjukan bahwa keunikan kolaborasi musik dangdut dan parodi merupakan kolaborasi yang sangat menjunjung nilai norma-norma yang berlaku. Orkes Dangdut Parodi Senggol Tromol memiliki nilai musikalitas yang sangat tinggi karena kelompok musik ini berpendidikan di bidang seni, khususnya seni musik. Ide kreatifitas yang tinggi dan menghasilkan warna baru dalam dunia musik dangdut, menjadikan musim Senggol Tromol menjadi musik yang bisa diterima di semua kalangan masyarakat kota Semarang.

 

This research is aimed to find out the form and function of dangdut orchestra of Senggol Tromol parody for Semarang community. This Dangdut Orchestra is a parody dangdut orchestra in Semarang. This orchestra has its unique characteristics, different from those of other parody music. This is shown by the unique collaboration of dangdut music and parody by respecting prevailing norm values. This orchestra has a very high musical value because the members of the orchestra have education background in music. The high creativity and innovative idea in the music make Senggol Tromol be a favorite music for people from all  groups in Semarang.

Keywords

bentuk pertunjukan; orkes; parodi; dangdut; kajian bentuk dan fungsi

Full Text:

PDF

References

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bastomi, Suwaji. 1992. Kebudayaan Apresiasi Pendidikan Seni. Semarang : IKIP Semarang Press.

Dekdikbud, 1992. Ensiklopedi musik. Jakarta: Cipta Adi Pustaka.

___________. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.

___________. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: balai pustaka.

Frederick, William H.. 1982. ‘Rhoma Irama and Dangdut Style,‘ Indonesia, No. 34, Itacha: Modern Indonesia Project, Cornell University.

Hardjana, S. 1983. Estetika Musik. Jakarta: Depdikbud.

Jamalus. 1988. Pengajaran Musik Melalui Pengalaman Musik. Jakarta. CV Rajawali.

Jazuli, M. 2001. Paradigma Seni Pertunjukan. Yogyakarta: Yayasan Lentera Budaya, 2001. Metode Penelitian Kualitatif. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Kodiyat, Latifah. 1983. Istilah-istilah musik, Depdikbud Jakarta.

Kuntowijoyo. 1990. Paradigma Islam: Interpretasi untuk Aksi. Bandung: Penerbit Mizan.

Limantara, Cyprianus. 1990. Dasar-Dasar Teori Musik. Bandung: Justika.

Muttaqin, Moh. 2003. “Musik Dangdut: Sebuah kajian Musikologis†Tesis Pasca Sarjana. Tidak dipublikasikan Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Pensi. 1983. Perjalanan Musik Di Indonesia. Jakarta: PT. Lithopica.

Sedyowati.1986. Pertunjukan Seni Pertunjukan. Jakarta: Sinar Harapan

Rohidi, Tjetjep Rohendi. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta Penerbit.

Soedarsono.1991. Perkembanagan Kesenian Kita. Yogyakarta.

Soedarsono, RM. 2003. Seni Pertunjukan; Dari Perspektif Politik, Sosial, dan Ekonomi.

Sumaryanto, Totok. 2001. Diktat Kuliah Metodologi Penelitian Kualitatif Semarang: IKIP Press.

Tim Perumus P3B. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.