PEMBELAJARAN BERBASIS ANAK DALAM PENGEMBANGAN BIDANG SENI (RUPA) DI PAUD BATIK DAN PAUD SABITUL AZMI SIDOARJO
(1) Universitas Negeri Surabaya, Jalan Ketinteng Surabaya 60231
Abstract
Pembelajarannya berbasis anak adalah pembelajaran yang diterapkan di sekolah berdasarkan kebutuhan anak, berorientasi pada perkembangan anak, bermain sambil belajar, pengajaran berpusat pada anak, PAKEM (Pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan). Penelitian ini  menggunakan pendekatan  kualitatif, studi komparatif yaitu studi perbandingan  diusahakan untuk menemukan persamaan dan  perbedaan  kualitas pembelajaran pengembangan bidang seni (rupa) di PAUD Batik dan PAUD Sabitul Azmi Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di PAUD Batik dan PAUD Sabitul Azmi Sidoarjo berbasis anak, pembelajaran  mengacu pada kurikulum Diknas dan kurikulum Depag yang terintregasi pada menu pembelajaran generik dengan metode BCCT dalam pengembangan bidang seni (rupa) melalui menggambar sederhana, mewarnai sederhana, dan menciptakan sesuatu dengan berbagai media dengan pendekatan ekspresi anak. Kegiatannya dilakukan mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan menghasilkan karya anak. Kelebihan pembelajaran berbasis Anak di antaranya: mengutamakan kebebasan anak, sesuai ekspresi anak, dan menghasilkan karya sesuai keinginan anak, serta meningkatkan aktivitas anak.
Â
Child-based learning is applied at pre-kindergartens based on children’s needs; it is child development-oriented and children-centered, which enables them to play and learn so that it is often referred to one motto PAKEM (an Indonesia abbreviation, which means being active, creative, affective, and fun learning). This research used qualitative approach, comparative study to find out similarity and difference of learning quality in the two pre-kindergartens. The findings show that the learning in the two pre-kindergartens refer to National Education Curriculum and Department of Religion Curriculum integrated in generic learning menu with BCCT method in art development through simple drawing, coloring, and creating a craft with various media for children’s expression. The activity began with planning, implementation, and children’s products. The advantages of this learning method are that this method prioritizes children freedom, enables them to show their expression and increases their creativity.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Wahyuni, Nur, Esa. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogyakarta: Ar-ruzz Media.
Depdiknas. 2007. Pedoman Penerapan BCCT dalam PAUD. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemula.
_________. 2005. Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
_________. 2003. Pendekatan kontekstual ( contextual teaching and learning (CTL)). Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
_________. 2002. Acuan Menu Pembelajaran pada Kelompok Bermain. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemula.
_________. 2002. Acuan Menu Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini (Menu Pembelajaran Generik ). Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan Luar Sekolah dan Pemula.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hapidin. 1999. Model-model Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Ghiyats Alfiani Press.
Lestari, Dwi, Gunarti. 2008. Pembelajaran yang Aktif dan Kreatif Melalui BCCT.
Makalah disampaikan oleh Tim Petutor PAUD tingkat Propinsi Jawa Timur. Tanggal 29-30 April 2008.
Masitoh, dkk. 2005. Pendekatan Belajar Anak di TK. Jakarta: Depdiknas, Dirjendikti.
Miles, Matthew B dan A. Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan Tjetjep Rohendi Rohidi Jakarta: Penerbit Unversitas Indonesia.
Mulyasa, E. 2005. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mustaji. 2009. Desain Pembelajaran Teori dan Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pla Kolaborasi (Model PBMPK) Surabaya: UNESA University Press.
Nafik. 2008. Metode Pembelajaran de- ngan Pendekatan BCCT. Tim Petutor PAUD tingkat Propinsi Jawa Timur. Tanggal 7 maret 2008.
Nur, Mohamad. 2004. Strategi-Strategi Belajar. Surabaya: UNESA University press.
PAUD Istiqlal. 2006. Program Bermain Sambil Belajar Integrasi Pendidikan Agama dengan Pendekatan BCCT. Jakarta: PAUD Masjid Istiqlal.
Pekerti, Widia, dkk. 2008. Metode pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdiknas, Dirjendikti.
Yusuf, Farida. (tt). Program Pendidikan Pakem dengan Kelas yang Berpusat Pada Anak.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.