MUSIK SEBAGAI MEDIA TERAPI

Eko Raharjo(1),


(1) 

Abstract

Banyak ahli pendidikan dan psikologi yang mengkaji tentang peran dan fungsimusik dalam hubungananya dengan kehidupan manusia. Salah satu fungsi musik adalahsebagai media terapi. Penelitian ini mengkaji tentang peran musik sebagai terapi yangdilakukan oleh YPAC Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan segalaaktivitas terapi yang dilakukan yayasan tersebut dalam memanfaatkan musik sebagaimedia.Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilandata dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis digunakan denganmengembangkan deskripsi kasus dengan mengunakan teknik reduksi data, kategorisasidan penafsiran data.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pelayanan musik terapi bagipenderita tunagrahita di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Semarang dilakukan dengandua cara yakni melalui terapi pelayanan khusus. Tujuan terapi musik bagi penderitatunagrahita di YPAC Semarang adalah untuk meningkatkan daya konsentrasi anak,mengembalikan individu yang tertutuo ke realitas, melatih persepsi, menimbulkan hargadiri, membentuk hubungan interpersonal, meningkatkan pengenalan dan pengetahuanmusik, dan menghilangkan kelelahan serta menciptakan suasana santai. Aktifitas musikyang dilakukan dalam proses terapi musik di YPAC Semarang mencakup kegiatanmendengarkan musik, merespon musik dengan gerak berirama, bernyanyi, membacanotasi musik, dan bermain alat musik.Saran dalam peneitian ini adalah : (1) Diharapkan mengembangkan lebih lanjutproses terapi musik, khususnya dalam pengembangan pemanfaatan media, (2) bagiYPAC Semarang dan lembaga-lembaga terkait, disarankan agar menyelenggarakanprogram pengembangan peningkatan sarana dan prasarana terapi musik yang sesuaidengan kebutuhan penderita tunagrahita.

Kata kunci : terapi, tunagrahita, media terapi, aktivitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.