KEEFEKTIFAN MODEL SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI SUMBER DAYA ALAM
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan model STS terhadap hasil belajar IPA materi Sumber Daya Alam  pada  siswa  kelas IV  SD  Negeri  Kaligangsa  Kulon  01  Brebes.  Populasi  dalam penelitian ini berjumlah 51 siswa yang terbagi dalam dua kelas yakni 28 siswa dari kelas IV A (kelas eksperimen) dan 23 siswa dari kelas IV B (kelas kontrol). Teknik sampling dalam penelitian ini yaitu proportionate stratified random sampling dengan menggunakan 26 siswa dari kelas IV A dan 22 siswa dari kelas IV B. Dalam penelitian ini, desain penelitian yang digunakan  yakni  quasi  experimental  design  dengan  jenis  nonequivalent control  group design. Berdasarkan hasil belajar siswa diperoleh rata-rata nilai sebesar 89,62 pada kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol sebesar 77,73. Hasil perhitungan data menggunakan rumus two independent samples test atau uji U pada SPSS versi 17. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa model STS memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar. Pengaruh model STS terhadap hasil belajar dapat ditunjukkan pada nilai Asymp. Sig. (2- tailed) sebesar 0,047 ≤ 0,05.
Keywords
Ilmu pengetahuan alam, model pembelajaran Science Technology Society, hasil belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.