UPAYA MENDORONG KEMAMPUAN BERFIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM INOVASI KONSERVASI PANGAN
Abstract
This study aimed to analyze efforts to encourage creative thinking skills of science education students on the problem of food security in Indonesia. This was due to the abundance of basic foodstuff in Indonesia. However, there were still problems in innovative processing and interesting packaging of the foods. Therefore, to foster the creative thinking skills among the college students, the implementation of project-based learning on the concept of conventional biotechnology was designed in biotechnology class learning. The goal was to nurture students’ creative thinking skills on the conventional concept of biotechnology in order to produce innovative conservation-based food products. The research design used in this study is One-Shot Case Study. It was implemented by providing treatment for students of Science Education Year 2013/2014 who were involved in Project Based Learning in the biotechnology course learning. Next, the students’ creative thinking skills were observed. The results showed that the implementation of project-based learning improve the students’ creative thinking skills that the students were able to create innovations on conservation-based food products using conventional Biotechnology principles.
Keywords: creative thinking, project-based learning, food conservation, conventional biotechnology
Tulisan ini bertujuan menganalisis upaya mendorong kemampuan berpikir kreatif pada mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA terhadap masalah ketahanan pangan di Indonesia. hal ini dilatarbelakangi oleh melimpahnya bahan pangan asli Indonesia namun masih memiliki permasalahan dalam pengolahan dan pengemasan yang inovatif dan menarik. Oleh karena itu, untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pada kuliah Bioteknologi, maka dirancang suatu pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran project based learning pada konsep Bioteknologi konvensional. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mendorong kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam konsep Bioteknologi konvensional dalam upaya menghasilkan produk inovasi berbasis konservasi pangan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain eksperimen One-Shot Case Study. Pelaksanaanya dengan cara memberikan perlakuan dalam pembelajaran matakuliah Bioteknologi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA tahun pembelajaran 2013/2014 yang semester genap mengambil mata kuliah Bioteknologi berupa pembelajaran menggunakan Project Based Learning. Selanjutnya diobservasi hasilnya berupa kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam berinovasi menghasilkan produk berbasis konservasi pangan. Hasilnya menunjukkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran project based learning, mampu mendorong kemampuan berpikir kreatif mahasiswa dalam membuat produk inovasi konservasi pangan menggunakan dasar Bioteknologi konvensional.
Kata kunci: berpikir kreatif, project based learning, konservasi pangan, bioteknologi konvensional
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dewan Ketahanan Pangan. 2010. Revisi Rencana Strategis Badan Ketahanan Pangan Tahun 2010–2014. Tersedia di http://bkp.pertanian.go.id/tinymcpuk/gambar/file/Renstra_BKP.pdf (diunduh 10 Juli 2014)
Doppelt, Yaron. 2000. Developing pupils’ competencies through creative thinking in technological projects. Paper presented at the 28th Israel Conference on Mechanical Engineering, Ben-Gurion University of the Negev, Beer-Sheva, Israel.
Doppelt, Yaron. 2005. Assessment Of Project-Based Learning In A Mechatronics Context. Journal of Technology Education. Vol. 16 (2):7-24.
Fatmawati, Baiq; Rustaman, Nuryani Y dan Redjeki, Sri.2011. Menumbuhkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Konsep Fermentasi. Proseding Seminar Nasional VIII Pendidikan Biologi 2011. UNS:311-316
KBBI.2014.tersedia http://kbbi.web.id/konservasi (diunduh 20 Juli 2014)
Lindawati. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa MAN I Kebumen. Jurnal Radiasi. Vol 3(1)
Rais,Muh. 2010. Project-Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft skill. Proseding Seminar Nasional Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Surabaya .
Santi, Triana Kartika. 2011. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Pemahaman Mata Kuliah Fisiologi Tumbuhan. Jurnal Ilmiah PROGRESSIf. Vol.7 (21): 74-83.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widianti, Tuti; Bintari, S. Harnina dan Iswari, Retno Sri. 2014. Dasar-Dasar Bioteknologi. Jurusan Biologi: Semarang
Refbacks
- There are currently no refbacks.