Pengaruh Pembelajaran Pendidikan Konservasi Terhadap Perilaku Konsumen Hijau (Green Consumers Behavior) Mahasiswa Fakultas Ekonomi Angkatan 2021 di Universitas Negeri Semarang
Abstract
Sebagai lembaga pendidikan tinggi dan tempat penyiapan SDM yang memiliki visi berwawasan konservasi dan bereputasi internasional, UNNES menjalankan pendidikan konservasi dalam membentuk sikap serta karakter yang peduli terhadap lingkungan pada mahasiswa. Berbagai kegiatan dengan dasar implementasi konservasi telah diselenggarakan di UNNES. Berdasarkan pengamatan lapangan yang telah dilakukan selama mengikuti perkuliahan luring, banyak mahasiswa UNNES yang terlihat memiliki perilaku konsumsi hijau. Contohnya perilaku penggunaan BRT dan jalan kaki sebagai transportasi ke kampus. Namun, peneliti juga menemukan bahwa masih banyak mahasiswa yang kurang menerapkan konsumsi ramah lingkungan di area kampus, seperti penggunaan kendaraan pribadi sebagai transportasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh antara pembelajaran pendidikan konservasi di Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan perubahan perilaku konsumsi hijau mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini jenis teknik pengumpulan data adalah purposive sampling dan media pengumpulan data yang digunakan adalah dengan kuesioner atau angket, jumlah responden yang merespon kuisioner berjumlah 62 mahasiswa. Hasil penelitian menemukan bahwa pembelajaran pendidikan konservasi memiliki pengaruh tinggi terhadap perilaku konsumsi hijau. Variabel X (pendidikan konservasi) dan variabel Y (perilaku konsumsi hijau) memiliki hubungan nilai indeks 48 yang termasuk dalam kategori tinggi. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran mata kuliah tersebut dapat mengubah perilaku mahasiswa menuju ke orientasi lingkungan yang menyebabkan perubahan pula pada perilaku konsumsi menjadi ke arah konsumsi hijau.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aji, A., Riskiyanto, & Hariyanto. (2018). Pendidikan Konservasi Untuk Mewujudkan Sikap Peduli Lingkungan Dalam Program Kampung Iklim (PROKLIM) di Dusun Ngrancah Desa Ngrancah Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang. Indonesian Journal of Conservation, 07(02). http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc
Anisa, R. D., & Tjahjono, H. (2018). Pengaruh Pemahaman Pengetahuan Materi Pendidikan Konservasi terhadap Sikap dan Perilaku Mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Negeri Semarang dalam Pemeliharaan Kebersihan Lingkungan Kos di Kelurahan Sekaran Kecamatan Gunung Pati Kota Semarang. Edu Geography, 6(3), 220–226. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/edugeo
DURMAZ, Y., & ÖZDEMİR, A. (2016). A Study On The Relationship Between Perceived Consumer Effectiveness, Environmental Concern And Green Purchase Behavior Of Consumers At University. INTERNATIONAL JOURNAL OF MANAGEMENT & INFORMATION TECHNOLOGY, 11(5). https://doi.org/10.24297/ijmit.v11i5.4697
Durmus, E., & Kinaci, M. K. (2021). Opinions of Social Studies Teacher Education Students about the Impact of Environmental Education on Ecological Literacy. Review of International Geographical Education Online, 11(2). https://doi.org/10.33403/rigeo.825516
Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas Diponegoro.
Grasso, M., McEnally, M., & Widdows, R. (2015). Social Responsibility, Environmental Concern and Consumer Behavior toward Green Products. In Developments in Marketing Science: Proceedings of the Academy of Marketing Science. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17320-7_27
Hasibuan, L., Anwar Us, K., & Nazirwan, N. (2021). Pendidikan dan Perubahan Kebudayaan Transmisi Budaya dan Perkembangan Institusi Pendidikan. Jurnal Literasiologi, 5(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i2.220
Hidayat, R. T. (2014). Pengaruh Lokasi Usaha Terhadap Volume Penjualan (Studi Pada Bisnis Restoran Kelas Kecil di Lingkungan Universitas Riau Pekanbaru). Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Bisnis, 14(01).
Hines, J. M., Hungerford, H. R., & Tomera, A. N. (1987). Analysis and Synthesis of Research on Responsible Environmental Behavior: A Meta-Analysis. The Journal of Environmental Education, 18(2), 1–8. https://doi.org/10.1080/00958964.1987.9943482
Irawan, A., & Vianney, A. (2017). Pengaruh Green Practice Terhadap Green Consumer Behavior Di the Kemangi Restaurant, Hotel Santika Pandegiling Pandegiling Surabaya. Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 3(2), 86–101.
Isnarto, Utami, N. R., & Utomo, A. P. Y. (2018). Identification of Learning Model Including Conservation Value in College As A Strength Of Students’ Character. International Conference on Science and Education and Technology, 263–267.
Jurdi-Hage, R., Sam Hage, H., & Chow, H. P. H. (2019). Cognitive and behavioural environmental concern among university students in a Canadian city: Implications for institutional interventions. Australian Journal of Environmental Education, 35(1). https://doi.org/10.1017/aee.2018.48
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson.
Lane, M. (2000). Environmentally responsible behavior: does it really matter what we believe? Planning Forum, 6, 33–39. https://www.researchgate.net/publication/283334373
Listiana, I. (2016). Analisis Pelaksanaan Pendidikan Konservasi dengan Perilaku Peduli Lingkungan Pada Mahasiswa Jurusan Geografi Sebagai Kader Konservasi. Universitas Negeri Semarang.
Lukiarti, & Ming, Mi. (2019). Pengaruh Kepedulian Lingkungan Dan Sikap Terhadap Minat Beli Produk Hijau (Studi Kasis Pada Konsumen Produk Hijau di Kabupaten Rembang). BBM: Buletin Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 15–28.
Munawar, S., Heryanti, E., & Miarsyah, M. (2019). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup Dengan Kesadaran Lingkungan Pada Siswa Sekolah Adiwiyata. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 2406–7393.
Nittala, R., & Moturu, V. R. (2021). Role of pro-environmental post-purchase behaviour in green consumer behaviour. Vilakshan - XIMB Journal of Management. https://doi.org/10.1108/xjm-03-2021-0074
Novotný, R., Huttmanová, E., Valentiny, T., & Kalistová, A. (2021). Evaluation of Environmental Awareness of University Students: the Case of the University of Presov, Slovakia. European Journal of Sustainable Development, 10(2). https://doi.org/10.14207/ejsd.2021.v10n2p59
Pujiati, A., & Setiaji, K. (2017). Pendidikan Berkarakter Konservasi di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. https://www.researchgate.net/publication/335991339
Purmadi, R. M., Santika, D. M. J., & Wulandari, A. S. (2020). Pentingnya Pendidikan Konservasi Untuk Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus di Desa Cidahu , Kabupaten Kuningan). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat, 2(4).
Rani, S. (2019). Environmental Concern, Attitude and Responsibility and Green Purchasing Behaviour of Consumers in Madurai District. International Journal of Engineering and Advanced Technology, 9(1S4). https://doi.org/10.35940/ijeat.a1221.1291s419
Retnoningsih, A., Utomo, A. P. Y., Fathoni, K., Prasetiyo, B., Ekiyardi, Nanda, Y. P., Astuti, E. D., Rahmanudin, & Therawati, C. A. (2020). Konservasi Berkelanjutan Kampus UNNES 2020. Konservasi.Unnes.Ac.Id.
Rohyani, I. S., Jupri, A., & Ahyadi, H. (2022). Pendidikan Konservasi Sebagai Upaya Menumbuhkan Kepedulian Lingkungan Siswa Menengah Atas Di Kota Mataram. Jurnal PEPADU, 3(1), 133–138. http://jurnal.lppm.unram.ac.id/index.php/jurnalpepadu/index
Suárez-Perales, I., Valero-Gil, J., Leyva-de la Hiz, D. I., Rivera-Torres, P., & Garcés-Ayerbe, C. (2021). Educating for the future: How higher education in environmental management affects pro-environmental behaviour. Journal of Cleaner Production, 321, 128972. https://doi.org/10.1016/J.JCLEPRO.2021.128972
Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.
Sugiyono. (2015a). Metode Penelitian & Pengembangan: (R&D). Alfabeta.
Sugiyono. (2015b). Metode Penelitian & Pengembangan: (research and development/R&D) . Alfabeta.
Sujana, I. W. C. (2019). FUNGSI DAN TUJUAN PENDIDIKAN INDONESIA. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1). https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927
Waskito, J., & Harsono, M. (2012). Green Consumers: Deskripsi Tingkat Kesadaran Dan Kepedulian Masyarakat Joglosemar Terhadap Kelestarian Lingkungan. Jurnal Dinamika Manajemen, 3(1), 29–39. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jdm
Widhiastuti, R., Susilowati, N., & Lianingsih, S. (2020). Environmental Behavior Mahasiswa Pendidikan Akuntansi di Kampus Konservasi. Jurnal Pengelolaan Sumberdaya Alam Dan Lingkungan (Journal of Natural Resources and Environmental Management), 10(2). https://doi.org/10.29244/jpsl.10.2.257-269
Wu, B., & Yang, Z. (2018). The impact of moral identity on consumers’ green consumption tendency: The role of perceived responsibility for environmental damage. Journal of Environmental Psychology, 59, 74–84. https://doi.org/10.1016/j.jenvp.2018.08.011
Wu, S.-I., & Chen, J.-Y. (2014). A Model of Green Consumption Behavior Constructed by the Theory of Planned Behavior. International Journal of Marketing Studies, 6(5), 119–132. https://doi.org/10.5539/ijms.v6n5p119
Yue, B., Sheng, G., She, S., & Xu, J. (2020a). Impact of Consumer Environmental Responsibility on Green Consumption Behavior in China: The Role of Environmental Concern and Price Sensitivity. Sustainability , 12(5). https://doi.org/10.3390/su12052074
Zsóka, Á., Szerényi, Z. M., Széchy, A., & Kocsis, T. (2013). Greening due to environmental education? Environmental knowledge, attitudes, consumer behavior and everyday pro-environmental activities of Hungarian high school and university students. Journal of Cleaner Production, 48, 126–138. https://doi.org/10.1016/J.JCLEPRO.2012.11.030
Refbacks
- There are currently no refbacks.