PENGGUNAAN HANDPHONE DALAM BERKARYA POSTER BERBASIS FOTOGRAFIS BAGI SISWA SMK

Sri Verayanti(1),


(1) SMK Negeri 3 Semarang

Abstract

Guru berkewajiban dan bertanggung jawab penuh mengembangkan dan mengasah potensi peserta didik berupa knowledge, skill, dan attitude. Ketiga hal inilah, diharapkan mampu menjadi bekal peserta didik dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Di tengah laju globalisasi, teknologi komunikasi dan informasi ini memiliki fenomena tersendiri dalam dunia pendidikan. Pesona IT yang menawarkan kecanggihan dapat diakses dengan mudah, cepat dan murah dengan segala plus minus yang ditawarkan handphone (HP). Kepekaan guru dibutuhkan untuk melahirkan sisi positif yang dimilki HP dalam menggali potensi peserta didik. Salah satunyanya adalah menjadikan HP sebagai alat untuk meransang kreativitas peserta didik dalam pembelajaran poster di SMK Negeri 3 Semarang. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk: (1) mengetahui dan menjelaskan rancangan pembelajaran berkarya poster teknik fotografis dengan pemanfaatan HP bagi peserta didik kelas XI Gambar 1 SMK Negeri 3 Semarang, (2) mengetahui pelaksanaan pembelajaran poster teknik fotografis dengan pemanfaatan HP bagi peserta didik kelas XI Gambar 1 SMK Negeri 3 Semarang, (3) mengetahui dan menjelaskan hasil pembelajaran berkarya poster teknik fotografis dengan pemanfaatan HP bagi peserta didik kelas XI Gambar 1 SMK Negeri 3 Semarang. Pembelajaran poster teknik fotografis yang dirancang dan dilaksanakan secara baik dengan mengembangkan metode, media dan teknik pembelajaran mampu meningkatkan nilai akedemik peserta didik. Perolehan nilai akademik peserta didik, sebelum tindakan dan setelah tindakan, mengalami kenaikan signifikan. Signifikasi pra-siklus nilai akedemik peserta didik hanya 44 dari skor maksimun 100 (4.00). Pada siklus I, skor rata-rata capaian akdemik pembelajaran menjadi 59 setelah dilakukan upaya perbaikan pada aspek yang lemah, maka secara signifikan capaian akademik peserta didik kelas XI Gambar meningkat dengan skor rata-rata menjadi 86, ketuntasan 100% pada siklus II.

Keywords

poster, handphone, fotografis

Full Text:

PDF

References

Aqib, Zainal, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SMP, SMA SMK. Bandung: CV. Yrama Widya.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Chapman, L.H. 1978. Aproach to Art. New York: Harcout Brace Jovanovich, Publisher.

Ferry, Brian. 2009. Research Online: Using Mobile Phones to Enhance Teacher Learning in Environmental Education. University of Wollongong.

Fieldman, Edmund B. 1967. Arts as Image and Idea. The University of Georgia, Prentice-Hall, Inc. Englewood Cliffs, New Jersey.

Haryono. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Yogyakarta: Amara Books.

Lusi, S.S, Nggili R.A. 2013. Asyiknya Penelitian Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dengan Pendekatan Ilmiah untuk Melakukan Transformasi Pembelajaran. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Mead, M. 1972. Culture and Commitmen: A. Study the Generation Gap. London: Panther Books Ltd.

Mulyasa. 2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Puspitosari, S. Yuni. 2008. “Peningkatan Kreativitas Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri Ngronggot, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Pendekatan Apresiatifâ€. Skripsi Pendidikan Seni Tari FBS UNY.

Samani M & Harianto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan KTSP. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Solo: Maulana Offset.

Soehardjo A. J. 2011. Pendidikan Seni: Startgi Penataan dan Pelaksanaan Pembelajaran Seni. Malang: Bayumedia Publishing

Suwandi, Sarwaji. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) & Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Uno, Hamzah B. 2008. Profesi Kependidikan: Problema, Solusi dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Utami, Nindi. 2014. “Peningkatan Motivasi Belajar Seni Tari Melalui Media Video bagi peserta didik Kelas VIII-C SMP Negeri Sidareja, Cilacapâ€. Skripsi. Jurusan Pendidikan Seni Tari FBS Universitas Negeri Yogyakarta.

Wiranataputra U, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Modul. Jakarta: Universitas Terbuka.

Yamin, Martinis. 2013. Sertifikasi Profesi Keguruan di Indonesia. Ciputat: Refrensi (GP Press Group).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.