PARADIGMA PENDIDIKAN SENI UNTUK KEHIDUPAN ANAK
(1) Universitas Syiah Kuala Aceh
Abstract
Pendidikan adalah aktivitas dan usaha manusia untuk meningkatkan kepribadiannya dengan jalan membina potensi-potensi pribadinya, yaitu rohani (pikir, karsa, rasa, cipta, dan budi nurani). Pendidikan juga merupakan suatu lembaga yang bertanggung jawab menetapkan cita-cita atau tujuan pendidikan, isi, sistem, dan organisasi pendidikan. Lembaga-lembaga tersebut meliputi keluarga, sekolah, dan masyarakat. seni adalah kegiatan berkesenian terdiri dari dua jenis, kegiatan berkesenian yang dilandasi modus imitasi, dan yang dilandasi modus expresi. Jadi, dengan memadukan kedua pengertian pendidikan seni adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran dan latihan agar menguasai kemampuan berkesenian sesuai dengan peran yang harus dimainkannya. Ada dua peran yang dapat dimainkan. Pertama, menularkan keterampilan seni, dan yang kedua, memfungsi pedidikan seni. Pendidikan seni sangat efektif bagi anak dengan ditandai terciptanya kondisi yang memberi peluang anak secara bebas terkendali mengembangkan kepekaan, fantasi, imajinasi dan kreasi anak. Pendidikan seni juga sangat berpengaruh pada perkembangan anak yang ditandai dengan perkembangan bahasa, membantu pertumbuhan mental, membantu sebagai media bermain. Selain itu pendidikan seni juga dapat melatih keterampilan dan koordinasi gerak anak, sekaligus sebagai sarana untuk memperkenalkan, membudayakan, dan menanam nilai seni budaya bangsa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fuad, Ihsan. 2005. Dasar-dasar Kependidikan, Jakarta : Rineka Cipta.
Irawan, Dedy dkk, 2017. Paradigma Pendidikan Seni. Yogyakarta : Thafa Media.
Layton, Robert. 1981. The Antropology of Art, Great Britain.
Masunah, Narwati, 2003. Seni dan Pendidikan Seni. Bandung: Pusar Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Seni Tradisional (PAST) UPI.
Mulyani, Novi. 2016. Pendidikan Seni Tari Anak Usia Dini. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Pamadhi, Hajar. 2012. Pendidikan Seni (Hakikat, Kurikulum Pendidikan Seni Untuk Anak). Yogyakarta: UNY Press.
Rohidi. Tjetjep Rohendi. 2016. Pendidikan Seni Isu dan Paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
Soehardjo, A.J. 2012. Pendidikan Seni Dari Konsep Sampai Program. Malang: Universitas Negeri Malang.
Triyanto. 2017. Spirit Ideologis Pendidikan Seni. Semarang: Cipta Prima Nusantara.
http://Pengertiandefinisi.com/Prengertian- Paradigma/
Refbacks
- There are currently no refbacks.