KONTEN DAN PROSES KREATIF SINEMATOGRAFI WISATA PINUS DALAM PERSPEKTIF DESAIN KOMUNIKASI VISUAL

Eko Darmawanto(1), Tristan Alfian(2), Kukuh Dwi Wijanarko(3),


(1) Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara
(2) Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara
(3) Fakultas Sains dan Teknologi UNISNU Jepara

Abstract

Hutan dan alam menjadi bagian penting dalam hidup manusia, hal ini tentu dilihat dari sudut pandang simbiosis mutualisme antara manusia dan alam, pinus merupakan wisata alam di desa batealit wilayah kabupaten jepara dengan potensi wisata yang masih perlu ditingkatkan dan dipromosikan keberadaannya, permasalahan yang muncul di pinus banyak ditemukan di pengenalan objek wisata yang masih sangat rendah, belum ada pesan awareness ke public sehingga perancang merasa perlu untuk bagaimana mengenalkan pinus dengan merancang bagaimana bentuk isi (konten) sinematografi dan penerapan proses kreatif berupa film pendek sebagai media utama wisata Hutan Pinus. Menggunakan teknik pengambilan data dengan observasi, wawancara serta studi visual dengan metode perancangan glass box serta analitik data SWOT. Proses perancangan melalui tahapan persiapan dengan pengambilan data lapangan, inkubasi dimana didalamnya terdapat proses analitik data, luminasi sebagai proses penciptaan ide kreatif dengan pendekatan sinematografi, verifikasi akhir sebagai tahapan final dalam perwujudan karya. Film dengan judul “lungo” merupakan konten kreatif yang melalui proses kreatif yang panjang dengan menghadirkan pesan objek pinus sebagai tempat wisata juga pesan moral yang didapatkan di film pendek ini. Proses kreatif film inilah yang menjadi media utama dalam mengenalkan pinus serta media pendukung lainnya sebagai penopang promosi yang didapatkan dalam proses perancangan.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Ablan, D. 2002. Digital cinematography & directing. New Riders.

Agustina, L. 2020. Viralitas konten di media sosial. Majalah Semi Ilmiah Populer Komunikasi Massa, 1(2), 149-160.

Arifianto, B. D., & Muktaf, Z. M. 2019. Open Air Cinema Sebagai Ruang Komunikasi. Jurnal Publisitas, 6(1), 39-49.

Asfar, I. T., & Taufan, I. 2019. Analisis naratif, analisis konten, dan analisis semiotik (Penelitian kualitatif). no. January, 1-13.

Cecariyani, S. A., & Sukendro, G. G. 2018. Analisis Strategi Kreatif dan Tujuan Konten Youtube (Studi Kasus Konten prank Yudist Ardhana). Prologia, 2(2), 495-502.

Darmawanto, E., Alfian, T., & Hakim, M. S. 202. Perancangan Film Pendek Sebagai Media Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Brand Awareness Nikalua Coffee And Eatery. In The 2nd Seminar Nasional dan Prosiding Scitech 2023.

Darmawanto, E., Abduh, Z. A. M., & Ni’mah, L. A. A. 2023. Perancangan Media Promosi Mawar Pratama Adidaya Melalui Website. In The 2nd Seminar Nasional dan Prosiding Scitech 2023.

Darmawanto, E., & Wijanarko, K. D. 2022. Strategi Branding dan Konsep Publikasi Berbasis Local Tourism di Era 4.0 (Studi kasus media sosial dan peran Desain Komunikasi visual). Brikolase: Jurnal Kajian Teori, Praktik dan Wacana Seni Budaya Rupa, 14(1), 14-33.

Kennedy, K., & Mercer, R. E. 2002. Planning Animation Cinematography And Shot Structure To Communicate Theme And Mood. In Proceedings of the 2nd international symposium on Smart graphics (pp. 1-8).

Santoso, E. D., & Larasati, N. 2019. Benarkah Iklan Online Efektif Untuk Digunakan Dalam Promosi Perusahaan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 13(1), 28-36.

Sugiono, S. 2020. Industri Konten Digital Dalam Perspektif Society 5.0 (Digital Content Industry in Perspective). JURNAL IPTEKKOM (Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Informasi), 22(2), 175-191.

Syaiful Arifin, S. 2022. Proses Kreatif Videographer Cinematography Photography dalam Pembuatan Wedding di Creativa Pekanbaru (Doctoral Jepara Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Tasruddin, R. 2015. Strategi promosi periklanan yang efektif. Wfa, M. A. 2022. Penciptan Konten Kreatif Melalui Film Pendek Sebagai Media Promosi Wisata Hutan Pinus Desa Setro Batealit JEPARA: UNISNU Jepara.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.