PEMBUATAN KOMIK STRIP IKLAN LAYANAN MASYARAKAT TENTANG MANFAAT MEDIA SOSIAL

Wisnu Randi Saputra(1),


(1) Jurusan Seni Rupa FBS Universitas Negeri Semarang

Abstract

Masyarakat Indonesia, sebagai pengguna media sosial terbesar, dalam praktiknya sekarang ini banyak yang menggunakannya untuk hal-hal yang kurang bermanfaat dan tidak bertanggung jawab. Sebagai pengingat tentang manfaat media sosial, diperlukan media iklan layanan masyarakat yang menarik minat baca sehingga informasi dan pesan tentang manfaat media sosial dapat tersampaikan kepada masyarakat. Studi ini bertujuan untuk menghasilkan karya komik strip yang digunakan sebagai iklan layanan masyarakat untuk menjelaskan tentang manfaat media sosial. Proses pembuatannya dilakukan melalui beberapa tahapan yaitu tahap praproduksi seperti pengembangan ide dan pembuatan storyboard, tahap produksi yaiotu pembuatan komik strip menggabungkan teknik manual dan digital. Tahap terakhir yaitu pascaproduksi dengan melakukan pameran secara online dan rencana pengembangannya. Komik strip yang dihasilkan terdiri atas 14 karya dengan ukuran 1080 x 1350 px dengan format JPG. Karakter utama komik strip yaitu Diaz, Bobby, dan Rena dengan nama Trio Gemaz. Cerita berisi berbagai manfaat media sosial dalam kehidupan sehari-hari yang disampaikan dengan sedikit daya tarik humor, kesalahan, dan rasional. Karya komik strip dibagi menjadi 3 bagian yakni kop, isi, dan narasi. Karya komik strip disebarluaskan kepada masyarakat melalui media sosial dengan cara melakukan pameran secara online.

Keywords

art, seni, desain, visual communication

Full Text:

PDF

References

Cenadi, Christine, Suharto. 1999. Elemen-elemen dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana Vol. 1, Januari 1999:1-11.

Dan Zarella. 2010. The Social Media Marketing Book. Oreilly Media. USA.

Dunn, S. Watson & Arnold M. Barban. 1978. Advertising : Its Role in Modern Marketing (5th ed). New York: The Dryden Press.

Henderi. 2007. Analysis and Designed System with Unified Modeling Language. Tangerang: STMIK Raharja.

Klepper, Otto. 1986. Advertising Procedure. New Jersey: Prentice Hall.

Kompas.com. 2021. Riset Ungkap Lebih dari Separuh Penduduk Indonesia "Melek" Media Sosial Retrieved from https://tekno.kompas.com:https://tekno.k ompas.com/read/2021/02/24/08050027 /riset-ungkap-lebihdariseparuh- penduduk-indonesia-melek-media-sosi

Kotler, P. & Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kusrianto, Adi. 2007. Pengantar Desain Komunikasi Visual. Jakarta: Djambatan.

Maharsi, Indra. 2010. Komik: Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.

McCloud, Scott. 2001. Understanding Comic atau Memahami Komik, terjemahan S. Kinanti. (2002). Jakarta: KPG.

Miryam, Bebe Indah. 1984. ‘’Iklan Layanan Masyarakat’’. Skrips., Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Nasrullah, Rulli. 2015. Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosis Rekatama Media.

Nufus, Hayatun PA. 2010. “Kompetensi Kreatif Siswa SMP Negeri 2 Pagendon dalam Menuangkan Cerita Rakyat Jawa Tengah melalui Pembelajaran Komik Strip”. Skripsi. FBS UNNES Semarang.

Nuradi. 1996. Manajemen Periklanan Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: Grafiti.

Pujiyanto. 2013. Iklan Layanan Masyarakat. Yogyakarta: Andi.

Puntoadi, Danis. 2011. Menciptakan Penjualan Melalui Social Media. Jakarta (ID): PT Elex Komputindo.

Salam, Sofyan. 1993. Apakah Ilustrasi itu. Buku Teks. Makassar: FBS IKIP Ujung Pandang.

Soedarso, SP. 1990. Tinjauan Seni Sebuah Pengantar untuk Apresiasi Seni. Yogyakarta: Saku Dayar Sana.

Stephanie, Conney. 2021. Berapa Lama Orang Indonesia Akses Internet dan Medsos Setiap Hari? Diakses pada 27 September 2021.

Sutanto, T. 2005. Sekitar Dunia Desain Grafis/Komunikasi Visual. Bandung: Pura- Pura Jurnal DKV ITB Bandung.

Suyanto, Muhammad. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tinarbuko, Sumbo. 2015. DEKAVE Desain Komunikasi Visual Penanda Zaman Masyarakat Global. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Widagdo. 1993. Desain, Teori, dan Praktek. Yogyakarta: Seni Jurnal Pengetahuan dan Pencipta Seni BP ISI Yogyakarta III/03.

Widyatama, Rendra. 2009. Pengantar Periklanan. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Book Publisher.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.