PORTAL PORTOFOLIO : MEDIA ALTERNATIF UNTUK MENJEMBATANI KEBUTUHAN LEMBAGA PENDIDIKAN DKV DAN INDUSTRI

Rahina Nugrahani(1),


(1) Dosen Jurusan Seni Rupa Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang

Abstract

Keilmuan desain tumbuh seiring dengan meningkatnya tuntutan industri, keduanya memiliki relasi timbal balik. Industri membutuhkan lulusan DKV yang profesional, kreatif, memiliki visi dan aspek inovasi tinggi yang dihasilkan oleh lembaga pendidikan melalui proses pembelajaran.Namun ada beberapa hal yang kadang terabaikan oleh lembaga penyelenggara pendidikan DKV, salah satunya adalah pengelolaan karya-karya mahasiswa. Konsep portal portofolio dapat menjadi salah satu media alternatif untuk mengelola, mendokumentasikan, mempublikasikan dan mempromosikan karya-karya mahasiswa sebagai bentuk kontribusi lembaga terhadap pengelolaan karya mahasiswa.

Keywords

portofolio;desain;industri;lembaga pendidikan;web;online;

Full Text:

PDF

References

F i d l e r, Roger.1997.Mediamorfosis. Yogyakarta:Bentang Budaya.

Knight, M.1994. Portfolio assessment: Application of portfolio analysis, University Press of America, Lanham, MD.

Pranata, Moeljadi. 2004. Portofolio: Model Penilaian Desain Berbasiskan Konstruktivistik. NIRMANA Vol. 6, No. 1, Januari 2004: 63 – 81. Jurnal elektronik Universitas Kristen Petra.

Sunarto, Priyanto. 2009. Ilustrator, Desainer Grafis dan Pendidik yang Selalu Menginspirasi. Majalah Versus edisi April 2009.

van Wesel, M. & Prop, A. 2008. "The influence of portfolio media on student perceptions and learning outcomes". Makalah dipresentasikan dalam Student Mobility and ICT: Can E-LEARNING overcome barriers of Life-Long learning. 19-20 November 2008, Maastricht,The Netherlands.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.