PENGARUH NILAI RATA-RATA MATA PELAJARAN PRODUKTIF TERHADAP PRESTASI ON THE JOB TRAINING

Partono Thomas, - Mintarsih

Abstract


Permasalahan dalam penelitian adalah seberapa besar nilai rata-rata mata pelajaran produktif, seberapa besar prestasi on the job training, seberapa besar pengaruh nilai rata-rata mata pelajaran produftif terhadap prestasi on the job training. Penelitian bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis seberapa besar nilai rata-rata mata pelajaran produktif, untuk mendiskripsikan dan menganalisis seberapa besar prestasi on the job training dan untuk mendiskripsikan dan menganalisis seberapa besar pengaruh nilai rata-rata mata pelajaran produktif terhadap prestasi on the job training.

Populasi penelitian ini sebanyak 118. Sampel penelitian sebanyak 54. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kepustakaan, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh positif antara nilai rata- rata mata pelajaran produktif terhadap prestasi on the job training. Hal ini di tunjukkan nilai thitung sebesar 6,397 > ttabel (2,01) dengan probabilitas 0.000 < 0.05.

Simpulan dari hasil penelitian adalah bahwa rata-rata nilai mata pelajaran produktif mencapai 7.7500 dalam kategori cukup. Rata-rata prestasi on the job training mencapai 8,0015 dalam kategori baik. Ada pengaruh antara nilai rata-rata mata pelajaran produktif terhadap prestasi on the job training dengan kontribusi sebesar 44%. Sedangkan 56% didukung oleh faktor lain yaitu minat dan motivasi mengikuti on the job training, fasilitas di dunia industri.

 

Kata Kunci : Mata Pelajaran Produktif, Prestasi on The Job Training


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v1i1.468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.