PENGARUH KONDISI SOSIAL DAN EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI

Nanik Suryani

Abstract


Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaiamanakah kondisi sosial, kondisi ekonomi orang tua siswa dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 2) Adakah pengaruh kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 3) Adakah pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III, 4) Seberapa besar pengaruh kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III

Populasi dalam penelitian ini sebanyak 125 siswa. Sampel penelitian menggunakan teknik proportional sample  sebanyak 97 siswa.. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda dengan program statistik SPSS.

Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi = 15,528 + 0,398X1 + 0,143X2. Uji keberartian persamaan regesi dengan uji F, diperoleh Fhitung = 25,982 dengan probabilitas sebesar 0,000 dan lebih kecil dari 0,05. Hal ini berarti  Ada pengaruh yang signifikan kondisi sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas III SMA PGRI I Kebumen Tahun Ajaran 2005/2006 sebesar 35,6%. Besarnya pengaruh masing-masing variabel yaitu kondisi sosial orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 12,4%, pengaruh kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi sebesar 9,5%.

Kata Kunci : Kondisi Sosial, Kondisi Ekonomi, Motivasi

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.15294/dp.v1i2.476

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.