Penuaan Penduduk Sulawesi Utara: Peluang atau Hambatan

Florentz Magdalena(1),


(1) Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara

Abstract

Sulawesi Utara diperkirakan mendapat bonus demografi yang puncaknya pada tahun 2020. Sayangnya, bonus demografi tidak dapat berulang di dalam satu siklus demografi. Angka fertilitas yang terus menurun dan angka harapan hidup yang terus meningkat akan membuat struktur penduduk menuju ke arah penuaan penduduk (ageing population). Dari literatur yang ada, kajian mengenai penuaan penduduk sampai ke level provinsi masih jarang sehingga menarik untuk dilakukan penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengindentifikasi terjadinya penuaan penduduk di Sulawesi Utara. Hasil analisis statistik deskriptif dengan menggunakan proporsi penduduk lanjut usia dan umur median menunjukkan bahwa telah terjadi perubahan struktur penduduk di Sulawesi Utara. Selanjutnya berdasarkan temuan tersebut, hendak dipaparkan implikasi ekonomi dan kebijakan-kebijakan yang harus diperhatikan oleh pemerintah agar penuaan penduduk dapat menjadi peluang, bukan hambatan. Pemerintah harus dapat meredefinisi penduduk lansia sebagai aset, bukan sebagai beban.

Keywords

Struktur Penduduk; Penduduk Lansia; Statistik Deskriptif

Full Text:

PDF

References

Agung, I G N. (2000). Analisis Statistik Sederhana Pengambilan Keputusan. Populasi No 11.

Bloom, D. E., Canning D., & Finlay J. E. (2008). Population Aging and Economic Growth. PGDA working paper 31.

Bloom, D.E., & Wiliamson J. G. (1997). Demographic Transitions and Economic Miracles in Emerging Asia. NBER Working Paper No.6268.

BPS. (2016). Statistik Penduduk Lanjut Usia 2015.

BPS. (2018). Proyeksi Penduduk Indonesia 2010 – 2035.

BPS. (2018). Proyeksi Penduduk Indonesia 2015 – 2045 Hasil SUPAS 2015.

Decentralization Suport Facility. (2011). Indonesia’s Intergovernmental Transfer: Response on Future Demographic and Urbanization Shifts.

Heryanah. (2015). Ageing Population dan Bonus Demografi Kedua di Indonesia. Jurnal Populasi, Vol 2 No 23.

Mathur, S & Mathur N. (2015). Demographic transition and population ageing in India: Implication on the elderly of the future. GJMEDPH Vol 4 Issue 6

Mundiharno. (1998). Pengertian, Ruang Lingkup dan Bentuk-Bentuk Analisis Ekonomi Kependudukan Dengan Penekanan Pada Analisis Ekonomi Terhadap Penuaan Penduduk.

Sholikhah, Amirotun. (2016). Statistik Deskriptif dalam Peneltian Kualitatif. Jurnal komunika Vol 10 No 2 Juli-Desember.

Surveymeter. (2013). Memanusiakan Lanjut Usia Penuaan Penduduk & Pembangunan Indonesia.

United Nations, Department of Economic and Social Affairs, Population Division. (2015). World Population Ageing 2015 (ST/ESA/SER.A/390).

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats