Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran AIR bagi Siswa SMP Negeri 1 Temanggung

Indah Wiharti

Abstract


Hasil belajar IPS di SMP Negeri 1 Temanggung selama ini rendah, karena itu perlu dilakukan penelitian tindakan agar hasil belajar IPS meningkat. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, sumber data berupa data hasil belajar. Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan teknik non tes. Setelah tindakan dilakukan dan data dianalisis hasil belajar mengalami peningkatan ke arah lebih baik dari kondisi awal ke kondisi akhir. Hasil penilaian pengetahuan, dari rata-rata 71 pada kondisi awal, menjadi 80 pada siklus 1, dan 81 di akhir siklus 2, ketuntasan belajar klasikal meningkat dari 43,75% menjadi 62,5% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 90,63% di akhir siklus 2. Berdasarkan data tersebut disimpulkan hasil belajar meningkat setelah guru menerapkan pendekatan saintifik dengan model Pembelajaran AIR.

Keywords


asil belajar IPS; Pendekatan Saintifik; Model Pembelajaran AIR

Full Text:

PDF

References


Hamalik, Oemar (2015), Proses Belajar Mengajar. Cetakan ke Tujuh belas. Jakarta: Bumi Aksara

Permendikbud No. 104 Tahun 2014. Penilaian Kurikulum 2013.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, (2014). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi IV Cetakan ke Tujuh. Jakarta: Gramedia




DOI: https://doi.org/10.15294/fis.v45i2.17557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View FIS Stats