Penguatan Sikap Komitmen Siswa terhadap Integrasi Nasional

Hasti Anggraini(1),


(1) SMA Negeri 1 Pati

Abstract

Integrasi nasional dalam pembelajaran PPKn, berintikan pengertian penyatuan suatu bangsa sehingga menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Hasil pembelajaran PPKn kelas X di SMAN 1 Pati dari sisi kognitif telah pahami oleh siswa merupakan alat pemersatu bangsa yang ditunjukkan dalam nilai tes formatif mencapai nilai tuntas. Untuk itu pada penelitian ini  perlu penguatan siswa agar benar-benar memahami maknanya. Sekurang-kurangnya (85%) hasil belajar siswa mempunyai nilai sikap (afektif) yang signifikan dengan hasil belajar (nilai) kognitif yang telah diperolehnya. Pada penelitian tindakan digunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (1992). Desain yang dikenal dengan sistem spiral yang terdiri dari empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection). Dilaksanakan di kelas X IPA 8 melalui pengembangan alat evaluasi non tes teknik kuesioner. Data dianalisis dalam skoring dalam bentangan 1 -5. Pada siklus I, Peserta didik mampu mengembangkan sikap sosial melalui bersama kelompok mengumpulkan informasi yang berkaitan dengan Kebhinekaan Bangsa Indonesia, dan membuat analisis (C4) terkait dengan deskripsi Kebhinnekaan Bangsa Indonesia. Secara random peserta didik (1 sampai dengan 2 orang mewakili kelompok) mengkomunikasikan secara lisan hasil analisis tentang Kebhinekaan Bangsa Indonesia. Berdasarkan analisis data pelaksanaan tindakan siklus 2 telah menunjukkan keberhasilan penilaian aspek sikap menguatkan penilaian pengetahuan. Refleksi juga menunjukkan faktor-faktor kerjasama yang mendukung keberhasilan sikap integritas yang muncul selama proses implementasi strategi. Analisis terhadap hasil observasi dilakukan dengan membandingkan data yang terjaring dengan kriteria keberhasilan yang telah ditargetkan. Telah terungkap melalui penilaian siswa yang memberikan nilai rata-rata 4,66 (dalam skor 5). Perencanaan, pelaksaanakan dan analisis PTK seperti yang dilakukan peneliti pada tahun 2017 digunakan untuk meninjau kembali dan meng-update-kan RPP dari berbagai aspek, antara lain: ketepatan pemilihan strategi pembelajaran yang sesuai karakteristik materi pelajaran, baik sisi metode maupun model pembelajaran. Serta digunakan sebagai pertimbangan pengisian capaian hasil belajar sikap sosial.

Keywords

Evaluasi; Komitmen; Non Tes; Sikap; Integrasi

Full Text:

PDF

References

Aqib, Z. (2009). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru, SD, SLB, TK.Yrama Widya. Bandung.

Guruppkn.com. (2017). 5 Sikap dan Komitmen Persatuan dalam Lingkungan Bangsa dan Negara. Artikel online, diunggah 14 November 2017, diunduh 21 Noember 2018.

Kemmis, S. & McTaggart, R. (1992). The Action Research Planner. Australia: Deakin University Press.

Sopiah. (2008). Perilaku Organisasional. CV. Andi Offset : Yogyakarta.

Zakky. (2018). Pengertian Evaluasi Menurut Para Ahli dan Secara Umum. Artikel Online. Diunggah 2 Mei 2018, diunduh 24 Juni 2018.

Sonylegowo.blogspot.com, 2013.

https://brainly.co.id › Sekolah Menengah Atas › Ppkn. Diunggah Mar 6, 2017 diunduh 7 Oktober 2017.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats