Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Memahami Pola Kegiatan Ekonomi Penduduk melalui Metode Peta Konsep bagi Siswa Kelas VIIA SMP Negeri 6 Purwodadi Semester Genap Tahun Pelajaran 2017/2018

Karmadi Karmadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan dan observasi penulis di sekolah yaitu SMP Negeri 6 Purwodadi pada kelas VIIA . Berdasarkan hasil observasi di kelas VIIA, pelajaran IPS ditemukan permasalahan yang cukup kompleks pada proses dan hasil  pembelajarannya. Berdasarkan nilai ulangan harian yang didapat  ketuntasan kelas hanya 56,25%. Oleh karena itu, penulis mencoba untuk mengatasi masalah tersebut dengan menerapkan model pembelajaran inovatif dengan pendekatan peta konsep melalui penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan peta konsep  dan mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 6 Purwodadi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMPN 6 Purwodadi Semester 2 tahun pelajaran 2017/2018 sebanyak 32 siswa. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan peta konsep  pada pembelajaran menulis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Pada observasi awal nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I 77,44 dan siklus II 80,03. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan peta konsep  dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Keywords


Hasil Belajar, Peta Konsep; IPS

Full Text:

PDF

References


Anni. (2004). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK Universitas Semarang.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Dahar, R. W. (1988). Teori – teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Darsono, M. (2000). Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang Press

Dimyati & Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Mursell & Nasution. (1995). Mengajar Dengan Sukses. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. (2007). Strategi Pembelajaran (Berorientasi Standar Proses Pendidikan). Jakarta: Prenada Media Group.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi, Jakarta: Rineka Cipta.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar.Bandung: CV Pustaka Setia

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. (2003). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya

Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (1999). Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang-Depdiknas.




DOI: https://doi.org/10.15294/fis.v46i1.21160

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View FIS Stats