Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menerapkan Metode Kooperatif Learning Tipe STAD pada Pembelajaran Kewirausahaan Kelas XI Sekolah Binaan melalui Workshop di MGMP (Penelitian Tindakan Sekolah)

La Sarimuna

Abstract


Penelitian ini bertujuan ingin mengetahui peningkatan kemampuan guru dalam menerapkan metode kooperatif learning tipe STAD pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XI Sekolah Binaan melalui Workshop MGMP. Pengumpulan data dalam penelitian tindakan sekolah ini dilakukan dengan cara wawancara dan observasi. Wawancara menggunakan pedoman wawancara. Sedang observasi menggunakan panduan observasi yaitu instrumen supervisi akademik. Setelah data terkumpul, selanjutnya diolah dan dianalisis sehingga dapat disimpulkan bahwa sebelum tindakan siklus pertama penelitian tindakan sekolah, nilai supervisi akademik guru Kewirausahaan kelas XI rata-rata 55 dan setelah tindakan meningkat menjadi rata-rata 67 atau meningkat sebesar 14%. Dengan demikian supervisi akademik pada siklus pertama dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode kooperatif learning tipe STAD pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XI sebesar 13%. Selanjutnya setelah tindakan siklus kedua nilai supervisi akademik guru IPS kelas XI mengalami peningkatan dari rata-rata 68 menjadi rata-rata 92 atau meningkat sebesar 24%. Dengan demikian supervisi akademik pada siklus kedua dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menerapkan metode kooperatif learning tipe STAD pada pembelajaran Kewirausahaan kelas XI Sekolah Binaan sebesar 24%.

Keywords


Pembelajaran; Metode Kooperatif Learning; Workshop

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2008). Pengembangan Model Pembelajaran Tatap Muka, Penugasan Terstruktur dan tugas Mandiri Tidak Terstruktur. Jakarta.

Dirjen PMPTK, (2010). Supervisi Akademik; Materi Pelatihan Penguatan Kemampuan Kepala sekolah. Jakrata: Kemendiknas.

Miarso, Y. (2004). Menyeai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Safwandi, M. A. (2010). Macam-macam Metode Pembelajaran, www.docstoc. com.

Sardiman, A. M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Sudjana, N. (1989). Cara Belajar Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Susilo, H. et al. (2009). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru. Malang: Bayumedya Publishing.

Syah, M. (2007). Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.




DOI: https://doi.org/10.15294/fis.v46i2.22641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Forum Ilmu Sosial

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View FIS Stats