EFEKTIVITAS MEMBACA AL-QUR’AN UNTUK MENURUNKAN STRES AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KEBUMEN

Dian Nugraheni, Moh. Iqbal Mabruri, Sugiyarta Stanislaus

Abstract


Abstrak. 

Stres adalah suatu keadaan atau kondisi tertekan baik secara fisik maupun psikologis pada
seseorang yang disebabkan karena ketidakyakinan atau ketidakmampuan dalam mengatasi
peristiwa-peristiwa yang dialaminya. Sedangkan stres yang terjadi di lingkungan sekolah atau
pendidikan disebut stres akademik, yang mana ada ketidaksesuaian kondisi atau keadaannya
antara tuntutan lingkungan dengan sumber daya aktual yang dimiliki siswa sehingga mereka
semakin terbebani oleh berbagai tekanan dan tuntutan. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui efektivitas membaca Al-Qur‟an untuk menurunkan stres akademik. Membaca Al-
Qur‟an merupakan salah satu metode untuk menurunkan stres. Penelitian ini ingin mengetahui
kefektifan membaca Al-Qur‟an dalam menurunkan stres akademik. Penelitian ini merupakan
penelitian eksperimen dengan desain yang digunakan yaitu Matched Statistic Group Design.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen yang berjumlah 20 orang,
yang dibagi menjadi 10 orang kelompok eksperimen dan 10 orang kelompok kontrol.
Pengumpulan data dilakukan untuk mengungkap stres yang dialami pada subjek yaitu dengan
menggunakan skala stres dari instrumen DASS milik Lovibond & Lovibond (1995) yang telah
diadaptasi. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji wilcoxon signd rank pada kelompok
eksperimen sebesar z = -2,701 dengan taraf signifikansi sebesar p = 0,007. Sedangkan pada
kelompok kontrol, nilai z = -2,264 dengan nilai signifikansi sebesar p = 0,024. Maka dapat
dikatakan bahwa hipotesis diterima karena nilai signifikansi kelompok eksperiemn p = 0,007
lebih kecil dari pada α = 0,05. Dan dapat disimpulkan bahwa membaca Al-Qur‟an efektif untuk
menurunkan stres akademik pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kebumen.

 

Abstract. 

Stress is a state or condition depressed both physically and psychologically to a person caused by an
inability or inability to overcome the events that happened. While the stress that occurs in the school
or educational environment called academic stress, which there is a mismatch condition or
circumstance between the demands of the environment with the actual resources owned students so
they are burdened by various pressures and demands. The purpose of this research is to determine the
effectiveness of reading the Qur'an to reduce academic stress. Reading the Qur'an is one method to
reduce stress. This research wanted to know the effectiveness of reading the Qur'an in reducing
academic stress. This research is an experimental research with the design used is Matched Statistic
Group Design. The subjects of this study were students of class XI SMA Negeri 1 Kebumen which
amounted to 20 students, divided into 10 experimental group and 10 control group. Data collection
was conducted to reveal the stress experienced on the subject by using the stress scale of the Lovibond
& Lovibond (1995) DASS instrument that has been adapted. The result of research shows that the
result of wilcoxon signd rank test in the experimental group is z = -2,701 with significance level of p
= 0,007. While in the control group, the value of z = -2.264 with a significance value of p = 0.024.
Then it can be said that the hypothesis is accepted because the significance value of the experimental
group p = 0.007 is smaller than α = 0.05. And it can be concluded that reading Qur'an is effective to
reduce academic stress in students of class XI SMA Negeri 1 Kebumen.


Keywords


Academic Stress, Reading Qur'an

References


Abdurrochman, A., Wulandari, R., & Fatimah.

(2007). The Effect of The Qur'anic

Recital : an AEP Study. J. Sains

MIPA, 181-186.

Anggraieni, W. N., & Subandi. (2014).

Pengaruh Terapi Relaksasi Zikir untuk

Menurunkan Stres pada Pederita

Hipertensi Esensial. Jurnal Intervensi

Psikologi, 81-102.

Badri, M. A., Davis, D., & Davis, D. (1995). A

Study of Measuring the Critical

Factors of Quality Management.

International Journal of Quality &

Reliability Management, 36-53.

Darabina, M., Gorji, A. M., & Afzali, M. A.

(2017). The Effect of the Quran

Recitation on Mental Health of the

Iranian Medical Staff. Journal of

Nursing Education and Practice, 30-

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan

Peserta Didik. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Erita. (2014). Pengaruh Membaca Al-Qur'an

dengan Metode Tahsin terhadap

Depresi pada Lansia di Panti Sosial

TResna Werdha Unit ABiyoso Pakem

Yogyakarta. -, 1-21.

Faradisi, F. (2012). Efektivitas Terapi Murotal

dan Terapi Musik Klasik terhadap

Penurunan Tingkat Kecemasan Pasien

Pra Operasi di Pekalongan. Jurnal

Ilmiah Kesehatan, 1-10.

Gusniarti, U. (2002). Hubungan antara

Persepsi Siswa Terhadap

Tuntutan dan Harapan Sekolah dengan

Derajat Stres Siswa Sekolah Plus.

Psikologika, 53-68.

Hanum, L., Kawuryan, F., & Dhania, D. R.

(2013). Hubungan antara Harapan

Orang Tua dan Keyakinan Diri dengan

Stres Akademik Siswa Kelas

Unggulan. Seminar Nasional Psikologi

"Aktualisasi Potensi Anak Bangsa

Menuju Indonesia Emas", 81-96.

Irawati, P., & Lestari, M. S. (2017). Pengaruh

Membaca Alquran terhadap

Penurunan Tekanan Darah pada Klien

dengan Hipertensi di RSK dr. Sitanala

Tanggerang. Jurnal Ilmiah

Keperawatan Indonesia, 35-45.

Julianto, V., & Subandi. (2015). Membaca Al

Fatihah Reflektif Intuitif untuk

Menurunkan Depresi dan

Meningkatkan Imunitas. Jurnal

Psikologi, 34-46.

Kazemi, M., Ansari, A., Tavakoli, M. A., &

Karimi, S. (2003). The Effect of the

Recitation of Holy Quran on Mental

Health in Nursing Students of

Rafsanjan University of Medical

Sciences. Journal of Rafsanjan

University of Medical Sciences and

Health Services, 52-57.

Khan, N., Ahmad, N. B., Beg, A., Fakheraldin,

Abdalla, A. N., Wahab, N. M. (2010).

Mental and Spiritual Relaxation by

Recitation of the Holy Quran. Second

International Conference on Computer

and Developmental, 863-867.

Kompasiana.com. (2014, Mei 18). Ujian

Nasional, Hanya Indonesia yang

Bisa Begini... Tragis! Dipetik

September 9, 2017, dari

Kompasiana:https://www.kompasiana.

com /danielht/ujian-nasional-hanyaindonesia-

yang-bisa-beginitragis_

f74ca8a333117d2d8b4584

Lovibond, P. F., & Lovibond, S. H. (1995).

The Structure of Negative Emotional

States: Comparison of The Depression

Anxiety Stress Scale (DASS) with The

Beck Depression and Anxiety

Inventories. Behav. Res. Ther. Vol. 33,

-343.

Mahjoob, M., Nejati, J., Hosseini, A.,

Bakhshani, N. M. (2014). The Effect

of Holly Quran Voice on Mental

Health. J. Religi Health, 1-5.

Mirza, I. (2014). Sehat dengan Al-Quran :

Terapi dan Stimulasi Qurani.

Bandung: Salamadani.

Misra, R., & McKean, M. (2000). College

Students' Academic Stress and its

Relation to Their Anxiety, Time

Management, and Leisure Satisfaction.

American Journal of Health Studies,

Mulyadi, Hidayah, R., & Mahfur, M. (2012).

Kecemasan dan Psikoterapi Islam. -,

-31.

News, A. (2011, Desember 21). Catatan Akhir

Tahun 2011Komisi Nasional

Perlindungan Anak. Dipetik

September 9, 2017, dari Ayom

News: https://komnaspa.wordpress.c

om/2011/12/21/catatan-akhir-tahun-

-komisi-nasional-perlindungananak/

Pashib, M., Khaqani, F., Bahrainian, A., &

Abedi, A. (2014). Investigation of the

Effectiveness of Quran Recitation and

Teachings on Depression of Female

Student of Tobat-E-Heidariye

University. Journal of Applied

Environmental and Biological

Science, 137-140.

Salve, H. R., & Prabowo, H. (2007). Tritmen

Meta Music untuk Menurunkan Stres.

Proceeding PESAT (Psikologi,

Ekonomi, Sastra, Arsitek & Sipil),

B65-B70.

Santrock, J. W. (2007). Remaja Jilid 2, Edisi

Kesebelas. Jakarta: Erlangga.

Ulfah, E. (2013). Intervensi Spiritual

Emotional Freedom Technique untuk

Menurunkan Gangguan Stres Pasca

Trauma Erupsi Gunung Merapi.

Journal of Education, Health and

Community Psychology, 38-57.

Utami, S. D. (2015). Hubungan antara Efikasi

Diri dengan Stres Akademik pada

Siswa Kelas XI di MAN 3 Yogyakarta.

Yogyakarta: Skripsi Universitas

Negeri Yogyakarta.

Yudhani, E., Suharti, V., Adya, A., Utami, E.

S. (2017). Efektivitas Membaca dan

Mentadabburi Al-Qur'an dalam

Menurunkan Kecemasan Siswa yang

Akan Menghadapi Ujian Sekolah.

Jurnal Psikoislamedia, 23-31.


Full Text: PDF

DOI: 10.15294/intuisi.v10i1.17386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.