BUKU TEKS DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI KOTA SEMARANG

Eva Bonawati

Abstract

Buku teks Geografi merupakan salah satu media pembelajaran yang paling umum digunakan dalam pelajaran geografi. Buku teks yang digunakan siswa dan guru yang ada masih perlu diperbaiki untuk peningkatan kualitasnya. Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi kualitas buku teks Geografi dalam pembelajaranGeografi SMA di Kota Semarang. Populasi penelitian ini adalah guru, dan buku teks pelajaran geografi. Sampel penelitian ini adalah 15 SMA, baik SMA Negeri maupun swasta, dengan responden 15 guru, dan 3 buku teks geografi yang paling banyak digunakan dalam pembelajaran. Variabel yang dikaji meliputi: kualitas, kesesuaian materi dengan kurikulum dan pemanfaatan buku teks geografi. Data yang diperoleh statistik deskriptif. Hasil yang dalam penelitian ini sebesar 76,96 %. Bila dikonsultasikan dengan skor yang ditetapkan peneliti termasuk kriteria sedang. Disimpulkan bahwa buku teks yang di gunakan dalam pembelajaran di Kota Semarang masih dapat digunakan sebagai sumber media pembelajaran di sekolah namun harus di dukung oleh buku-buku lain sehingga materi yang di sampaikan dapat mencapai standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Kata Kunci: Buku teks Geografi, sumber belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.