EVALUASI KESESUAIAN LAHAN TANAMAN WIJEN DI KABUPATEN SAMPANG

Listin Fitrianah

Abstract

Jawa Timur memiliki lahan marginal yang cukup luas, salah satunya di Kabupaten Sampang umumnya lahan marginal memiliki ciri kurang subur dan defisit air. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi kesesuaian lahan untuk tanaman wijen di Kabupaten Sampang. Evaluasi kesesuaian lahan dilakukan dengan overlay peta tematik kemudian setelah terbentuk peta komposit hasil analisis beberapa peta tematik, kemudian dicocokkan (matching) dengan kriteria yang dipersyaratkan yaitu sangat sesuai (S1), cukup sesuai (S2), sesuai marginal (S3) dan tidak sesuai (N). Sub parameter kesesuaian lahan terdiri dari penggunaan lahan, jenis tanah, curah hujan dan kelerengan. Hasil penilaian kesesuaian lahan menunjukkan bahwa luas lahan yang sesuai untuk tanaman wijen (S1, S2, dan, S3) mencapai 105,807.39 ha atau 85.79% dari total luas wilayah, sedangkan wilayah lahan yang tidak sesuai untuk tanaman wijen hanya mencapai 17,522.60 ha atau 14.21% dari total luas wilayah.

Keywords

lahan, marginal, overlay , wijen

References

Arief, S.2007. Dasar-Dasar Analisis Kestabilan Lereng. PT INCO: Sorowako

Arsyad, S. 2006. Konservasi Tanah dan Air. Institut Pertanian Bogor Press: Bogor.

Ekadinata, A., Dewi, S., Hadi, D., Nugroho, D., dan Johana, F., 2008, Sistem Informasi Geografis untuk Pengelolaan Bentang lahan Berbasis Sumberdaya Alam. Buku I; Sistem Informasi Geografis dan Penginderaan Jauh Menggunakan ILWIS Open Source, World Agroforestry centre, Bogor: Indonesia.

Jamil, A, H. 2011. Budidaya Wijen di Lahan Tadah Hujan Menguntungkan Petani. Balittas Malang. Malang.

Luluk, S. B. 2007. Pengaruh Cara Tanam dan Penggunaan Varietas terhadap Produktivitas Wijen (Sesamum indicum L). Bul Agron, Vol. 35 No.2

Rismunandar. 1976. Bertanam Wijen. Penerbit Terate. Bandung.

Sri Harto, Br. 1993. Analisis Hidrologi. PT Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Widiatmaka, S. H. 2007. Evaluasi Kesesuaian Lahan dan Perencanaan Tataguna Lahan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.