PENINGKATAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN HIDROSFER DAN DAMPAKNYA TERHADAP KEHIDUPAN MELALUI TINDAKAN GURU INOVATIF PADA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SEMARANG

Kun Marlina Lubis

Abstract

Pembelajaran dikatakan berhasil apabila dapat meningkatkkan hasil belajar siswa dari segi kognitif, psikomotorik,dan afektif. Hasil belajar yang benar dihasilkan oleh proses belajar yang berbasis aktivitas siswa. Aktivitas belajarMateri Pokok Hidrosfer Pada Kelas Tindakan (X2) lebih rendah antara 20 % - 30% dibandingkan dengan dan PadaKelas Paralelnya (X6). Untuk mewujudkan keberhasilan pembelajaran tersebut diperlukan tindakan guru yang inovatif.Tujuan penelitian ini adalah: 1) meningkatkan aktivitas Kelas Tindakan, 2) terciptanya proses belajar berbasis siswaaktif. Penelitian ini terdiri dari tiga siklus, dan setiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, tindaklan inovatif guru pada Kelas Tindakan mampu meningkatkansebesar >22% yang ditunjukkan oleh diresponnya 2 dari 9 indikator aktivitas yang ada, yakni aktivitas menanggapipertanyaan teman. Pada siklus II aktivitas siswa meningkat sebesar 16,7% dari siklus pertama atau aktivitas sikluske dua sebesar >86% dengan inovasi yang dilakukan adalah menyimak materi terkait di internet. Peningkatan yangsignifikan (> 97%) atau meningkat >27,8% didapatkan pada siklus III dengan tindakan inovatif mencari contohmateri hidrosfer dan dampaknya terhadap keseharian. Berdasarkan hasil penelitian, dapat di tegaskan bahwamelalui tindakan guru yang inovatif antara Kelas Tindakan dan Kelas Paralel tidak ada perbedaan aktivitas belajarnyadalam pembelajaran hidrosfer dan dampaknya terhadap kehidupan. Kesimpulannya kenaikan setiap siklus sebesar >33% didapat dari upaya guru berinovasi. Saran yang dikemukakan adalah guru mengenali profil masing-masingkelas agar tindakan guru dapat disesuaikan dengan kondisi kelas.

Keywords

aktivitas; guru inovatif; pembelajaran hidrosfer.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.