EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN GEOGRAFI DENGAN STRATEGI DISCOVERY- INQUIRY BERBANTUAN ALAT PRAKTIKUM PADA MATERI POKOK ATMOSFER DI SMA NEGERI 16 SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Ferani Mulianingsih(1),


(1) 

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai post test materi pokok atmosfer kelompok eksperimen 1 dengananalisis data menggunakan uji statistik diperoleh thitung yaitu (8,186) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel yaitu(1,70). Nilai post test materi pokok atmosfer kelompok eksperimen 2 dengan analisis data menggunakan uji statistikdiperoleh thitung yaitu (7,981) dengan taraf signifikansi 5% diperoleh ttabel yaitu (1,70). Karena thitung > ttabel makadinyatakan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara yang menggunakan strategi discovery-inquiry berbantuanalat praktikum dengan pembelajaran ekspositori, dan dinyatakan hasil belajar siswa kelompok eksperimen lebih baik(dengan nilai rata-rata kelas 77,49) dari pada hasil belajar siswa kelompok kontrol (dengan nilai rata-rata 69,03).

Keywords

Pembelajaran; strategi discovery-inquiry; alat praktikum

Full Text:

PDF

References

Abdillah, Arif Taufiq Dani. 2009. Keefektifan Metode SQ3R Untuk Meningkatkan Motivasi Membaca Siswa SMP Negeri 4 Ungaran Tahun Pelajaran 2008/2009. Universitas Negeri Semarang. Tesis.

Apriyanto, Heri. 2009. Pengaruh Penggunaan Metode Discovery-Inquiry Terhadap Prestasi Belajar Fisika Siswa di SMA Ditinjau dari Kemampuan Afektif Siswa. http://digilib.usm.ac.id.

Budiningsih, C. A. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Dahar, R. W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Dewanto. 2007. Seminar Pendidikan. Philipina: Cebu.

Dewanto. 2005. Tinjauan Filosofis dan Praktis Metodologi Penelitian. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Dewanto; Tarmuji Tarsis. 2003. Metode Statistika. Yogyakarta: Liberty.

Dewanto. 1994. Pengukuran dan Evaluasi Pendidikan. Semarang: IKIP Semarang Press.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem.Jakarta: Bumi Aksara.

Margono. 2004. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Martensi, K. Dj. Mungin Eddy Wibowo. 1980. Identifikasi Kesulitan Belajar. Semarang:FIP-IKIP.

Panggabean, Y, dkk. 2007. Strategi, Model dan Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2006. Bandung: Bina Media.

Pujiastuti, Pratiwi. 2003. Pengaruh Pembelajaran IPABiologi Dengan Menggunakan Metode

Diskoveri-Inkuiri Terhadap Kemampuan Analisis Dan Sintesis. Jurnal Penelitian Kependidikan. Vol. 13, No. 2.

Sanjaya, W. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka

Cipta.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sudjana, Nana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sudjana, Nana. 1990. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya-Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.