PENDEKATAN INKUIRI DALAM PEMBAHARUAN PEMBELAJARAN IPS BIDANG STUDI GEOGRAFI DI SEKOLAH

- Tukidi

Abstract

Semakin derasnya arus globalisasi telah menimbulkan masalah sosial, ekonomi, dan politik yang semakin kompleksdan bersifat mengglobal, sehingga pemecahannya memerlukan tindakan bersama antar bangsa dan melibatkanmasyarakat dunia. Pembelajaran IPS bidang studi geografi haruslah dapat membantu para siswa mengembangkankemampuan membuat keputusan-keputusan yang bersifat reflektif sehingga mereka mampu memecahkan masalahmasalahyang bersifat pribadi (individual) maupun sosial. Untuk membekali para siswa agar memiliki kemampuanmemecahkan masalah-masalah pribadi maupun sosial, maka dalam pembelajaran IPS bidang studi geografi perlumenerapkan strategi pembelajaran yang dapat memberikan kemampuan memecahkan masalah kepada para siswasecara individual.Pendekatan inkuiri adalah salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan berfikir dan mengatasi masalahkebosanan siswa dalam belajar di kelas karena proses belajar lebih berpusat kepada kebutuhan siswa (studentcenteredinstruction) daripada kepada guru (teacher-centered instruction). Pendekatan ini memiliki keunggulanterutama untuk mengembangkan kemampuan berfikir maupun pengetahuan, sikap dan nilai peserta didik dibandingdengan pendekatan klasikal atau tradisional. Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran IPS khususnyaBidang Studi Geografi di sekolah-sekolah maka gagasan dan ide baru ini perlu diujicobakan.

Keywords

Pembelajaran; Bidang Studi Geografi; pendekatan inkuiri.

Full Text:

PDF

References

Kartawidjaya, Omi. 1988. Metode MengajarGeografi. Jakarta: Depdikbud.

Mardapi, Dj. 2004. Penyusunan Tes Hasil Belajar.Yogyakarta: PPS UNY.

Sapriya. 2009. Pendidikan IPS: Konsep danPembelajaran. Bandung: PT RemajaRosdakarya.

Sumaatmadja, Nursid. 1997. Metode PengajaranGeografi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sutanto. 2000. “Geografi dan Perkembangannya diIndonesia” Makalah: Pendidikan danPelatihan Pendalaman Bidang Ilmugeografi FPIPS IKIP Manado. Manado:IKIP Manado.

Wiryohandoyo, S. 2001. “Eksistensi PendidikanGeografi dalam Pendidikan IPS”.Makalah Disampaikan pada SeminarNasional FKIP Universitas/IKIP SeIndonesia serta Konggres HimpunanSarjana Pendidikan Ilmu PengetahuanSosial Seluruh Indonesia di Semarang 22-24 Oktober 2001. Semarang: FISUNNES

Refbacks

  • There are currently no refbacks.