PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA PRAKTIKUM KIMIA FISIKA
(1) 
(2) 
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan tema pembelajaran berbasis masalah berorientasi
chemo-entrepreneurship (CEP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil
belajar Praktikum Kimia Fisika. Metode penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan
tindakan, observasi dan evaluasi, refl eksi tindakan, dan analisis data. Mahasiswa peserta
matakuliah Praktikum Kimia Fisika dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri
atas 3-4 orang. Pertama dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa.
Selanjutnya mahasiswa diberi Lembar Masalah untuk didiskusikan sebelum melakukan
praktikum. Pada saat praktikum, mahasiswa merumuskan jawaban dari masalah berdasarkan
pengamatan dengan dibantu pengarahan dari dosen. Dosen juga memberikan pengarahan
tentang jiwa kewirausahaan yang terkait dengan bidang kimia dengan tujuan memberikan
tambahan wawasan kepada mahasiswa agar memiliki nilai tambah pada kompetensinya.
Aktivitas mahasiswa diamati dan dicatat dalam lembar observasi. Mahasiswa memberikan
solusi lengkap pada saat mengumpulkan laporan praktikum. Langkah ini diulang untuk materi
praktikum berikutnya sampai akhir semester. Pada akhir semester dilakukan postes untuk
mengetahui tingkat pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis
data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas belajar
mahasiswa dan secara kuantitatif hasil belajar mahasiswa menunjukkan peningkatan dari
65 menjadi 81,2 dan ketuntasan belajar juga meningkat dari 34% menjadi 100%.
Kata kunci:pembelajaran berbasis masalah, chemo-entrepreneurshipRefbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.