PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERORIENTASI CHEMO-ENTREPRENEURSHIP PADA PRAKTIKUM KIMIA FISIKA

Sri Wahyuni(1), Nuni Widiarti(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tema pembelajaran berbasis masalah berorientasi

chemo-entrepreneurship (CEP) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan hasil

belajar Praktikum Kimia Fisika. Metode penelitian meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan

tindakan, observasi dan evaluasi, refl eksi tindakan, dan analisis data. Mahasiswa peserta

matakuliah Praktikum Kimia Fisika dibagi menjadi beberapa kelompok. Tiap kelompok terdiri

atas 3-4 orang. Pertama dilakukan pretest untuk mengetahui kemampuan awal mahasiswa.

Selanjutnya mahasiswa diberi Lembar Masalah untuk didiskusikan sebelum melakukan

praktikum. Pada saat praktikum, mahasiswa merumuskan jawaban dari masalah berdasarkan

pengamatan dengan dibantu pengarahan dari dosen. Dosen juga memberikan pengarahan

tentang jiwa kewirausahaan yang terkait dengan bidang kimia dengan tujuan memberikan

tambahan wawasan kepada mahasiswa agar memiliki nilai tambah pada kompetensinya.

Aktivitas mahasiswa diamati dan dicatat dalam lembar observasi. Mahasiswa memberikan

solusi lengkap pada saat mengumpulkan laporan praktikum. Langkah ini diulang untuk materi

praktikum berikutnya sampai akhir semester. Pada akhir semester dilakukan postes untuk

mengetahui tingkat pemahaman dan hasil belajar mahasiswa. Berdasarkan hasil analisis

data dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran ini dapat meningkatkan aktivitas belajar

mahasiswa dan secara kuantitatif hasil belajar mahasiswa menunjukkan peningkatan dari

65 menjadi 81,2 dan ketuntasan belajar juga meningkat dari 34% menjadi 100%.

Kata kunci:pembelajaran berbasis masalah, chemo-entrepreneurship

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.