PENERAPAN LEARNING CYCLE SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GENERIK SAINS INFERENSIA LOGIKA MAHASISWA MELALUI PERKULIAHAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR

Woro Sumarni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir generik inferensia
logika mahasiswa calon guru kimia dalam pembelajaran Praktikum Kimia Dasar dengan
strategi learning cycle. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Kimia FMIPA UNNES. Subjek
penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Kimia tahun akademik 2008/2009. Sebagai
fokus penelitian adalah prestasi belajar mahasiswa untuk mengungkapkan perbedaan tingkat
pemahaman konsep dan keterampilan generik inferensia logika. Penelitian didesain sebagai
penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus dengan tahapan PIOR. Dalam
setiap siklus diterapkan strategi Learning Cycle 5E (engagement, exploration, explaination,
extension, evaluation). Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data berupa soal
pretes dan postes dengan bentuk soal pilihan benar salah diikuti alasan atas jawaban,
sedangkan instrumen nontes berupa lembar observasi dan angket tanggapan mahasiswa
terhadap model pembelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan bahwa
pengembangan model pembelajaran praktikum kimia dasar dengan strategi learning cycle
mampu meningkatkan penguasaan konsep-konsep kimia dasar dan keterampilan generik
sains inferensia logika bagi calon guru kimia. Hal ini berarti pembelajaran praktikum kimia
dasar dengan strategi learning cycle telah memberikan dampak positif terhadap peningkatan
kualitas pembelajaran Praktikum Kimia Dasar dan keterampilan generik sains inferensi logika
bagi mahasiswa calon guru kimia.

 

Kata kunci: learning cycle, keterampilan generik sains, inferensia logika


Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.