PENGARUH PENGGUNAAN ARTIKEL KIMIA DARI INTERNET PADA MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA SMA

Kasmadi Imam Supardi(1), Indraspuri Rahning Putri(2),


(1) 
(2) 

Abstract

Model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu model
pembelajaran yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah
yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Penambahan sumber belajar dengan artikel
kimia dari internet dapat menambah kemampuan berpikir kritis dan pengetahuan siswa,
sehingga berpengaruh lebih baik terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah
mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan artikel kimia dari internet pada model
pembelajaran CPS terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA N I Gombong pada
materi kelarutan dan hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas
XI IPA di SMA Negeri 1 Gombong tahun ajaran 2008/2009. Metode penelitian mengambil
bentuk eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode
dokumentasi, tes, angket, dan observasi. Analisis data dilakukan dengan statistik parametrik,
uji korelasi biserial, dan deskriptif kualitatif. Hasil uji hipotesis ini membuktikan penggunaan
artikel kimia dari internet berpengaruh terhadap hasil belajar kimia materi kelarutan dan
hasil kali kelarutan.

 

Kata kunci: creative problem solving, artikel, internet

Full Text:

PDF PostScript

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.