DESAIN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) PRAKTIKUM BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

Anindita Kurniawati(1), Eko Budi Susatyo(2),


(1) Universitas Negeri Semarang
(2) Universitas Negeri Semarang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Hidrolisis Garam berdasarkan penilaian kelayakan serta angket tanggapan peserta didik. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model 4-D yang diadopsi dari penelitian Thiagarajan. Tahapan penelitian model 4-D dibagi menjadi empat tahapan, keempat tahapan tersebut adalah tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian dilakukan sampai tahap pengembangan (develop) dimana dilakukan sampai pada tahap uji coba skala kecil. LKPD praktikum dianalisis kelayakannya. LKPD praktikum dinyatakan layak apabila dalam penilaian kelayakan mendapatkan kriteria sangat layak atau layak dan memperoleh tanggapan yang sangat baik atau baik dari peserta didik. LKPD Praktikum divalidasi kelayakannya oleh tiga validator ahli kemudian diperoleh rata-rata sebesar 36,66 yang berada pada kriteria layak. Tanggapan peserta didik diperoleh dari 15 peserta didik kelas XI MIPA 5 SMA N 12 Semarang tahun pelajaran 2019/2020 dan didapatkan rata-rata sebesar 49,26 yang termasuk dalam kriteria sangat baik dengan nilai reliabilitas sebesar 0,80. Simpulan dari penelitian yang dilakukan adalah desain LKPD praktikum berbasisi inkuiri terbimbing pada materi hidrolisis garam layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia.

Keywords

LKPD, Inkuiri Terbimbing, Hidrolisis Garam.

Full Text:

PDF

References

Abdurrohim, Feronika, T., & Bahriah, E.S. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 2(2), 197-212.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyanti, N. D., Haryono, & Masykuri, M. 2017. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Stoikiometri Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Modul Di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 6 (1), 62–68.

BSNP. 2007. Kegiatan Penilaian Pendidikan Dasar dan Menengah. Buletin BSNP, 2 (1), 1-24.

Damianti, O., Mawardi, & Oktavia, B. 2019. Development of Guided Inquiry-Based Worksheets on Colloidal Material for Chemistry Learning Grade XI in Senior High School. International Journal of Progressive Sciences and Technologies, 14 (1), 13-19.

Kurniawan, D., & Dewi, S.V. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Dengan Media Screencast-O-Matic Mata Kuliah Kalkulus 2 Menggunakan Model 4-D Thiagarajan. Jurnal Siliwangi, 3(1), 214-219.

Pramesti, E. T., Rudibyani, R. B., & Sofia, E. 2017. Pengembangan LKS Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Berbasis Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 6 (1), 86–100.

Riyani, A. F., Kusumo, E., & Harjito. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berpendekatan Inkuri Terbimbing Pada Konsep Kelarutan. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 11 (2), 2008–2019.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. 1974. Instructional Developtment for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomington.

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Utari, W.T., Fadhilah, R. & Fitriani. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Larutan Penyangga Di SMA Negeri 4 Sungai Raya. Ar-Razi Jurnal Ilmiah, 6 (1), 69-78.

Zammiluni, Ulianas, A., & Mawardi. 2018. Development of Guided Inquiry Based Work Sheet With Class And Laboratory Activity On Chemical Bonding Topic In Senior High School. International Journal of Chemistry Education Research, 2 (2), 60-66.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.