Peningkatan Profesionalisme Guru melalui Pelatihan Inovasi Pembelajaran: Program Rintisan bagi Guru di Kabupaten Semarang

Haryono Haryono, Sugiyarta Stanislaus, Budiyono Budiyono, Ghanis Putra Widhanarto

Abstract


Memperkuat kerangka profesionalisasi guru terutama dalam praksis pembelajaran di kelas, diperlukan program pelatihan bagi guru yang relevan dengan kebutuhan dan sekaligus dapat diimplementasikan untuk memberikan dampak langsung pada perolehan belajar siswa. Tujuan dari program kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah terbentuknya model profesionalisasi guru dalam praktik pembelajaran di kelas/sekolah guna memperbaiki kualitas perolehan hasil belajar siswa. Metode diterapkan dalam hal ini adalah pendidikan masyarakat (yang dalam hal ini guru di beberapa kecamatan di Kabupaten Semarang) dalam upaya meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pembelajaran inovatif. Hasil yang dicapai secara umum adalah guru yang berkualitas dan mampu berinovasi melalui penguatan bidang ilmu. Program pelatihan menjadi upaya dalam memberikan bekal pengetahuan dan wawasan tentang berbagai inovasi pembelajaran baik yang bersifat konsep maupun yang bersifat praktik dalam kerangka meningkatkan profesionalisme guru dan perolehan hasil belajar siswa.

Strengthening teacher's professionalism framework especially in classroom teaching praxis, teacher training programs are needed for teachers who are relevant to the needs and can be implemented to have a direct impact on the learning achievement of the students. The purpose of this program of community service activities is the formation of teacher professionalization model in the practice of learning in the classroom / school to improve the quality of student learning outcomes. The method applied in this case is community education (in this case teachers in some sub-districts in Semarang) in an effort to improve knowledge and innovative learning skills. The results achieved are generally qualified teachers and able to innovate through strengthening the field of science. The training program is an effort to provide knowledge and insight into the various innovative learning both conceptual and practical in the framework of improving the professionalism of teachers and the achievement of student learning outcomes.


Keywords


Learning Innovation; Teacher Professionalism

Full Text:

PDF

References


Harsono, Eko B. 2000. "Penganggur Terdidik Makin Menumpuk". Suara Pembaruan, Edisi Kamis, 5 Oktober 2000.

Haryono. 2003. "Tingkat Keinovatifan Guru: Survei di Kabupaten Semarang", Laporan Penelitian (tidak diterbitkan). Semarang: Lemlit UNNES.

Indra Djati Sidi. 2001. Menuju Masyarakat Belajar. Jakarta: Paramadina dan Logos Wacana Ilmu.

Semiawan, Conny R. 1998. Pendidikan Tinggi: Peningkatan Kemampuan Manusia Sepanjang Hayat Seoptimal Mungkin. Jakarta: Dirjen Dikti Depdikbud.

Semiawan, Conny R. dkk. 1992. Pendektan Keterampilan Proses. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Suyanto dan Djihad Hisyam. 2000. Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adi Cita.

Syarif, Ichwanuddin dan Dodo Murttadlo. 2002. Pendidikan untuk Masyarakat Indonesia Baru: 70 Tahun Prof. Dr. H.A.R. Tilaar, M.Sc.Ed. Jakarta: Grasindo.

Tilaar, H. A. R. 1999. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia.

Tilaar, H.A.R. 2002 Perubahan Sosial dan Pendidikan: Pengantar Paedagogik Transformatif untuk Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Utanto, Y., Widhanarto, G.P. and Maretta, Y.A., 2017, March. A web-based portfolio model as the students final assignment: Dealing with the development of higher education trend. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1818, No. 1, p. 020063). AIP Publishing.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.