Peningkatan Kompetensi Guru SD dalam Perancangan RPP dengan Pendekatan Saintifik Melalui Workshop

Edi Sutono

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman teoretis/konseptual guru SD Kelas Rendah di Kecamatan Mijen Semarang dalam pembuatan RPP dengan pendekatan saintifik pada Kurikulum 2013 revisi 2016 sebelum dan sesudah pelaksanaan workshop dan meningkatkan Kompetensi Guru dalam perancangan RPP dengan Pendekatan Saintifik pada Kurikulum 2013 sebelum dan sesudah workshop tersebut. Subjek penelitian adalah guru kelas rendah Sekolah Dasar se-Dabin III Kecamatan Mijen. Adapun sampel penelitian dilakukan dengan teknik random sampling, dengan cara undian dan didapat 21 guru. Data berupa hasil tes teoritis dan perencangan RPP yang telah dibuat guru. Dari RPP tersebut dinilai aspek-aspek format RPP, kelengkapan komponen, bahasa, kesesuaian perumusan Komptensi Inti, Kompetensi Dasar, dan indikator pencapaiannya, ketepatan dan kedalaman isi RPP yang meliputi kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Data penelitian diambil dengan teknik observasi, kuesioner, wawancara terstruktur, dan hasil unjuk kinerja guru dalam merancang RPP. Teknik analisis data dilakukan dengan deskriptif persentase untuk mendapatkan rata-rata hasil tes dan kinerja guru dalam merancang RPP sebelum dan sesudah worshop. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa workshop tersebut dapat meningkatkan pemahaman teoretis/konseptual terhadap pengetahuan komponen-komponen RPP sebesar 9,85, % serta meningkatkan kompetensi guru dalam perancangan RPP berbasis pada pendekatan saintifik Kurikulum 2013 sebesar 8,50%.

The purposes of this research were finding theoretical understanding of elementary school teachers at UPTD Mijen Semarang in making RPP with scientific approach of Curriculum 2013 revised 2016 before and after workshop and theirs competence in making RPP based on Curriculum 2013 before and after the workshop. The subjects were low grade teachers of Elementary School. The research subject was conducted by random sampling technique, by lottery and got 21 teachers. Data were the result of theoretical test and teachers performance in designing of RPP that they have made. It was assessed aspects of the format, completeness of components, language, the suitability of the formulation of core competency, basic competency, and indicators of achievement, accuracy and depth of RPP content which includes preliminary, core, and final activities. The data were taken with several techniques: direct observation, questionnaire, structured interview, and teacher performance in designing RPP. Data analysis technique were descriptive percentage for getting the average of test result and teachers performance in designing of RPP before and after workshop. Based on the results, it could be concluded that workshop could improve teachers theoretical understanding of RPP components of 9.85%, and teachers competence in designing of RPP of 8.50%.


Keywords



Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aruan Mei Anggriani. Fitriani Lubis. 2017. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Guru Bahasa Indonesia SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2016/2017. Volume 6 Nomor 2. Basastra. http://jurnal.unimed.ac.id/2012 /index.php/basastra/article/view/6379.

BSNP. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP.

Gunawan, D., Utanto, Y. and Maretta, Y.A., 2017. An analysis on indonesian teachers reasoning in resolving moral dilemmas. Man In India, 97(2), pp.829-841.

Jumhana, Nana dan Sukirman. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI PRESS.

Makmun, Abin Syamsudin. 2005. Psikologi Kependidikan, Perangkat Sistem Pengajaran Modul. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Oktafianti, Elly. 2015. Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik di Kelas IB SD Negeri Pujokusuman 1 Yogyakarta. Basic Education. Volume IV Nomor 9 Juni 2015 journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/.../529/495.

Parmin, Sajidan, Ashadi, Sutikno, & Maretta, Y. A. 2016. Preparing Prospective Teachers in Integrating Science and Local Wisdom through Practicing Open Inquiry. Journal of Turkish Science Education, 13(2), 3-14

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 tahun 2015 tentang Rencana Perangkat Pembelajaran (RPP) Kurikulum 2013 Hasil Revisi Tahun 2016.

Permendikbud No. 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Permendikbud No. 22 Tahun 2016 tentang Sistem Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendikbud Nomor 54/2013 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Permendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru.

Rosalina, Rebeca Elva dan Tri Nova Hasti Yunianta. 2017. Solusi dari Hambatan Guru Matematika dalam Menerapkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi pada Materi Aljabar Jurnal Mitra Pendidikan (JMP Online). Volume 1 Nomor 10 Desember (2017) 968-982. URL : http://e-jurnalmitrapendidikan.com.

Sagala, H. Syaiful. 2006. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Undang Undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Utanto, Y., Widhanarto, G.P. and Maretta, Y.A., 2017, March. A web-based portfolio model as the students final assignment: Dealing with the development of higher education trend. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1818, No. 1, p. 020063). AIP Publishing.

Wibowo, R. Dodik Satrijo. 2016. Meningkatkan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang Baik dan Benar melalui Pendampingan Berbasis MGMP Semester Satu Tahun 2015/2016 di SMP Negeri 13 Mataram. Jurnal Ilmiah Mandala Education. Vol. 2. No. 1. ejournal.mandalanursa.org/index.php/ JIME/article/download/.../10.

Winaya, I Kadek, I Made Suarjana, dan Luh Putu Putrini Mahadewi. 2015. Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran menurut Kurikulum 2013 Kelas IV SD No. 4 Banyuasri. Mimbar PGSD Undiksha. Volume 6. Nomor 1. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/5730

Yonada. Onni 2014. Penggunaan Pendekatan Saintifik dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di Kalangan Guru SD di Kecamatan Ambarawa dan Banyubiru Kabupaten Semarang. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP-UKSW. Salatiga. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/4918.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.