APLIKASI EKSTRAK KECOMBRANG (Nicolaia speciosa) SEBAGAI PENGAWET ALAMI TAHU PADA PERAJIN TAHU DI SENTRA INDUSTRI TAHU DESA KALISARI BANYUMAS

Rifda Naufalin, Herastuti Sri Rukmini, Poppy Arsil

Abstract


Tanaman kecombrang (Nicolaia Speciosa) sudah lama digunakan masyarakat baik sebagai bumbu maupun obat-obatan.  Kegiatan ini memanfaatkan tanaman kecombrang dengan mengekstraknya menjadi pengawet alami  pada tahu. Tujuan dari kegiatan IBKIK ini adalah untuk menambah wawasan dan ketrampilan masyarakat dalam aplikasi pengawet alami dari kecombrang pada tahu.  Manfaat penerapan teknologi ini dapat meningkatkan keamanan pada produk tahu.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah melakukan pembinaan dengan teknik penyuluhan dan pelatihan tentang aplikasi pengawet alami berbahan baku kecombrang pada perajin tahu.  Hasil kegiatan penyuluhan dan pelatihan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan perajin setelah penyuluhan, pelatihan dan peningkatan ketrampilan dengan demplot. Peningkatan ketrampilan aplikasi pengawet alami dari kecombrang ditunjukkan dengan melihat keberhasilan aplikasinya pada tahu yang awet hingga 2 hari dan masih memiliki kualitas yang baik.  Kesimpulan kegiatan ini adalah perajin tahu di sentra industri tahu Desa Kalisari Banyumas  menerima sekaligus dapat mempraktekkan dengan hasil memuaskan teknik aplikasi kecombrang sebagai pengawet pada tahu

Keywords


: pengawet alami, kecombrang, tahu.

References


Naufalin, R., Jenie, B.S.L. and Herastuti. S.R. 2005. Antibacterial activity of kecombrang (Nicolaia speciosa) flower extract toward pathogenic and spoilage bacteria. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 16(2): 119-125.

Naufalin, R., Jenie, B.S.L., Kusnandar, F., Mirnawati, S. and Herastuti, S.R. 2006. Effect of pH, NaCl and heating on the antibacterial stability of kecombrang (Nicolaia speciosa Horan) flower extract and its application in mincet meet. Jurnal Teknologi dan Industri Pangan 17(3): 197-203.

Naufalin, R. 2008. Aktivitas dan mekanisme kerja antibakteri ekstrak bunga kecombrang (Nicolaia speciosa Horan). Makalah Seminar Nasional Perhimpunan Mikrobiologi Indonesia, Purwokerto 22-23 Agustus 2008.

Naufalin, R. dan Herastuti, S.R. 2012. Pengawet Alami Pada Produk Pangan. UPT. Percetakan dan Penerbitan Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto.

Naufalin, R. dan Herastuti, S.R. 2013. Microcapsule application of kecombrang (Nicolaia speciosa) flower extract: effect of concentration, type of fraction, pH of medium and NaCl on microbiological properties of minced beef. Journal Animal Production 15(1): 8-14.

Tampubolon, O.T., S. Suhatsyah, dan S. Sastrapradja. 1983. Penelitian Pendahuluan Kimia Kecombrang (Nicolaia speciosa Horan). Risalah Simposium Penelitian Tumbuhan Obat III. Fakultas Farmasi, UGM, Yogyakarta.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.