MANAJEMEN PEMASARAN BERBASIS ONLINE BAGI USAHA RUMAHAN SUSU KEDELAI

Riski Nur Istiqomah Dinnullah(1), Yuniar Ika Putri Pranyata(2), Shafiq Nurdin(3),


(1) Universitas Kanjuruhan Malang
(2) Universitas Kanjuruhan Malang
(3) Politeknik Unisma Malang

Abstract

Susu kedelai merupakan produk minuman berbahan baku kedelai dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi protein. Susu kedelai telah banyak dikenal sebagai susu alternatif pengganti susu sapi bagi orang yang alergi dan tidak menyukai susu sapi atau bagi mereka yang tidak dapat menjangkau harga susu sapi yang relatif mahal. Proses pengolahan kedelai menjadi susu kedelai yang baik dapat menciptakan nilai tambah dan juga nilai guna dari produk tersebut sehingga dapat meningkatkan perkembangan UKM susu kedelai saat ini. Mitra pada kegiatan ini adalah UKM susu kedelai milik Bapak Salim dan Ibu Farida Yati yang berada di Kelurahan Bugul Lor, Kecamatan Panggung Rejo, Kota Pasuruan. Pada industri rumahan tersebut, manajemen pemasaran yang dilakukan hanya terbatas pada produk yang dititipkan pedagang keliling, warung dan toko yang berada didekat tempat produksi. Kurangnya manajemen pemasaran tersebut tentunya menyebabkan kurang luasnya daerah pemasaran produk. Oleh karena itu, diperlukan suatu manajemen pemasaran yang berbasis online. Melalui pemanfaatan media sosial ini, selain memperluas area pemasaran, masyarakat dapat mengenal susu kedelai yang diproduksi UKM tersebut.

Keywords

Manajemen Pemasaran, Online, Susu Kedelai, UKM

Full Text:

PDF

References

Endrasari R. dan D. Nugraheni. 2012. Pengaruh Berbagai Cara Pengolahan Sari Kedelai Terhadap Penerimaan Organoleptik. Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Pekarangan. UNDIP Semarang. 6 November 2012. Semarang: UNDIP Press.

Koswara, S. 1992. Teknologi Pengolahan Kedelai Menjadikan Makanan Bermutu (First Edition). Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Koswara, S. 2006. Isoflavon Senyawa Multi Manfaat dalam Kedelai. http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/30646/www.ebook pangan.com%20ARTIKELI%20SOFLAVON%2c%2520ZAT%2520MU LTI%2520MANFAAT%2520%2520DALAM%2520KEDELAI.pdf. Di akses tanggal 9 Desember 2017.

Picauly, P., J. Talahatu, dan M. Mailoa. 2015. Pengaruh Penambahan Air Pada Pengolahan Susu Kedelai. Agritekno, Jurnal Teknologi Pertanian. 4(1):8- 13.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License