Peningkatan Nilai Tambah Daun Kersen (Muntingia Calabura L.) Menjadi Permen Jelly dan Teh Seduh

Astrilia Damayanti, Widi Astuti, Radenrara Dewi Artanti Putri

Abstract


Tujuan kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan teknologi pangan kepada ibu-ibu PKK RT03/RW03, Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Semarang dengan memanfaatkan daun kersen (Muntingia calabura L.) sebagai permen jelly dan teh seduh. Target luaran yang diharapkan antara lain masyarakat dapat berwirausaha sehingga kesejahteraan keluarga dapat ditingkatkan. Hasil dari program pengabdian masyarakat yang telah dilakukan ini adalah sebagai berikut: aspek penerapan iptek produk pangan dipandang sangat efektif untuk membangun kemandirian masyarakat yang berbasis potensi lokal yakni pemanfaatan daun kersen dan aspek manfaat yang dihasilkan dari program ini sangat besar yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan potensi pohon kersen terutama daunnya untuk dibuat menjadi permen jelly dan teh seduh sebagai bahan minuman herbal, meningkatnya pengetahuan dan keterampilan masyarakat bidang pengolahan daun kersen untuk dibuat permen jelly dan teh seduh serta menumbuhkan motivasi berwirausaha khususnya di RT03/RW03, Kelurahan Ngijo, Kecamatan Gunungpati, Semarang.



Keywords


candy jelly and brewed tea, kersen leaf, PKK group in RT 03 / RW03, Ngijo Village, Gunungpati District, Semarang

References


Binawati, D. K., and S. Amilah. 2013. “Effect of Cherry Leaf (Muntingia Calabura L.) Bioinsecticides Extract Towards Mortality of Worm Soil (Agrotis Ipsilon) and Armyworm (Spodoptera Exiqua) on Plant Leek (Allium Fistolum).” Jurnal Wahana 61 (2): 51–57.

Haki, Mohandis. 2009. “Efek ekstrak daun talok (Muntingia Calabura L.) Terhadap aktivitas enzim sgpt pada mencit yang diinduksi karbon tetraklorida.” Skripsi. Fakultas kedokteran universitas sebelas maret Surakarta.

Huda, S., A. Sahputra, W.A. Anggono, and R. Wahyuni. 2015. “Pemanfaatan Daun Kersen (Muntingia Calabura) Sebagai Permen Jelly Terhadap Daya Terima Konsumen.” Jurnal Teknologi Pangan 6 (1).

Khusnawati, N., and E. Sulisttyowati. 2015. “Metode Pengeringan Oven Pada Pengolahan Daun Kersen (Muntingia Calabura L) Dan Hubungannya Terhadap Kandungan Zat Gizi.”

Lathief, Y. 2016. “Pengaruh Lama Fermentasi Dan Variasi Konsentrasi Daun Kersen (Muntingia Calabura L.) Terhadap Total Asam, PH Medium, Dan Aktivitas Antioksidan.” Skripsi. Jurusan Biologi Fakultas Sains Dan Teknologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Selviana, V. 2014. “Uji Penduga Umur Simpan Gansella Herbal Tea Dengan Metode Arrhenius.” Karya Tulis Ilmiah.Akademi Analis Farmasi Dan Makanan.Putra Indonesia Malang.

Sudarmanto, A. 2015. “Program Pendampingan Teh Seduh Dan Celup Dari Daun Kersen Guna Menumbuhkan Kreatifitas Wirausaha Di Kelurahan Lamper Tengah Kecamatan Semarang Selatan Kota Semarang.” DIMAS 15: 71–84.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.