IbM USAHA TERNAK BEBEK PETELUR DAN PRODUSEN TELUR ASIN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG

Kriswanto Kriswanto, Ria Wulansarie

Abstract


Tujuan kegiatan Ipteks bagi Masyarakat (IbM) ini adalah untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra IbM, yaitu Bp. Arif (peternak bebek petelur) dan industri rumah tangga FAHARA. Terdapat dua aspek permasalahan yang akan ditangani, yaitu aspek produksi dan aspek manajemen.Metode pelaksanaan menggunakan beberapa metode yang saling mendukung, antara lain dengan ceramah/penyuluhan untuk penyampaian materi yang bersifat teori dan motivasi, demonstrasi/peragaan untuk menyampaikan materi praktek/keterampilan,  praktek  langsung  oleh  mitra,  dan  pendampingan  kegiatan.  tim pelaksana kegiatan ini melibatkan dosen dengan bidang keahlian yang sesuai dengan kebutuhan lapangan. Kegiatan IbM ini telah mecapai target hasil dan luaran yakni: (1) pada aspek produksi mitra I telah mendapatkan peralatan bantu produksi, dan mitra II mendapat alat Under Presure Salted Egg (UPSE) sehingga meningkatkan kuantitas dan kualitas telur asin; (2) pada aspek manajemen mitra I dan mitra II telah memiliki laporan keuangan format excel untuk melaporkan keuangan usaha dan memiliki media pemasaran online menggunakan website, instagram, facebook, dan whatssapp; (3) Mitra II telah memiliki kemasan dan brosur serta kartu nama yang menarik.

References


DITJENNAK. 2010. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan. Direktorat Jenderal Bina Produksi Peternakan, Jakarta: CV. Karya Cemerlang, Departemen Pertanian RI

DITJENNAK. 2015. Statistik Peternakan dan Kesehatan Hewan 2015. Indonesia, Jakarta. http://www.ditjenak.pertanian.go.id (diakses tanggal 1 Oktober 2017)

Athoillah, Hernawan, R., Sukarti.2014. Statistik Peternakan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2014. Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah. http://dinakkeswan.jatengprov.go.id (diakses tanggal 1 Oktober 2017)

Munawaroh. 2011. “Peluang dan Strategi Penjualan Melalui Internet Marketing”. Econosains, IX, (2): 147-156.

Puspitasari. 2014. “Pengaruh Kombinasi Media Dan Konsentrasi Iodium Pada Dua Jenis Garam (Nacl Dan Kcl) Terhadap Kadar Iodium Dan Kualitas Sensoris Telur Asin”. Jurnal Teknosains Pangan, 3(4): Oktober 2014.

Sahroni. 2003. “Sifat Organoleptik, Sifat Fisik dan Kandungan Zat Gizi Telur Itik Asin dengan Penambahan Rempah-Rempah Pada Proses Pengasinan”. Skripsi. Fakultas Peternakan Institut Pertanian Bogor, Bogor.

Saputra D. 2000. “Kinetika Pindah Massa Dehidrasi Osmosis Nanas”. Prosiding Seminar Pemberdayaan Industri Pangan Dalam Rangka Peningkatan Daya Saing Menghadapi Era Perdagangan Bebas. Perhimpunan Ahli Teknologi Pangan Indonesia, Surabaya.

Sultoni A. 2004. “Pengaruh Konsentrasi Larutan Asam Asetat dan Lama Perendaman terhadap Beberapa Karakteristik Telur Asin Dari Telur Itik Jawa Anas Javanicus”. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Padjadjaran, Jatinangor.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.