WEBSITE UNTUK PENGUATAN ORGANISASI DAN MEDIA PERJUANGAN ASPIRASI PERSATUAN GURU NAHDLATUL ULAMA

Edi Subkhan, Ghanis Putra Widhanarto, Surahmat Surahmat

Abstract


Organisasi guru pada dasarnya merupakan sarana untuk memperkuat solidaritas guru dalam meningkatkan kualifikasi diri dan menghadapi beberapa tantangan. Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) adalah salah satu organisasi guru yang telah berdiri lama, namun karena kebijakan monopoli organisasi guru pada masa Orde Baru. Pasca reformasi 1998 Pergunu bangkit lagi dan sekarang dalam proses konsolidasi sebagai organisasi guru yang berupaya untuk meningkatkan kualitas guru di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Dalam hal ini upaya awal untuk membuat Pergunu lebih berdaya dilakukan melalui pengembangan website organisasi yang diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi, belajar, dan memperjuangkan aspirasi guru yang dinaungi Pergunu. Website organisasi memiliki peran vital di era internet sekarang. Agar betul-betul berkembang, maka pengembangan website organisasi ini didukung oleh pelatihan jurnalistik dan tata kelola media online. Upaya ini dilakukan tim program pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Semarang (UNNES) dengan pendekatan partisipatoris dan diupayakan pada penguatan lembaga Pergunu.

Keywords


aspirasi guru; media perjuangan; Nahdlatul Ulama; organisasi guru; website

References


Januszewski, A. & Molenda, M. (Eds.). Educational Technology: A Defnition with Commentary. London & New York: Lawrence Erlbaum Associates.

Konferensi Pers Pengurus Besar PGRI tentang Penyelesaian Tenaga Honorer Guru dan Tenaga Kependidikan, Gedung Guru Indonesia, 20 September 2018. (2018). Diunduh dari Pengurus Besar PGRI: http://pgri.or.id/konferensi-pers-pengurus-besar-pgri-tentang-penyelesaian-tenaga-honorer-guru-dan-tenaga-kependidikan-gedung-guru-indonesia-20-september-2018/

Lebih Dekat dengan Pergunu. (2017). Diunduh dari Madrasah Berkah: http://www.madrasahberkah.com/2017/01/lebih-dekat-dengan-pergunu.html

Nugroho, P.A. & Sukoco, Y. (1997). Pendekatan Partisipatoris dalam Pembangunan Pedesaan: Kasus Pembangunan Jaringan Penyediaan Air Bersih di Dusun Ngandong, Desa Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman. Majalah Geografi Indonesia, 11(19): 53-67.

Pemerintah Republik Indonesia. (2005). Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rahman, S., Munawar, W., & Berman, E.T. (2014). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Website pada Proses Pembelajaran Produktif di SMK. Journal of Mechanical Engineering Education, 1(1): 137-145.

Sahlberg, P. (2014). Finnish Lessons: Mengajar Lebih Sedikit, Belajar Lebih Banyak ala Finlandia. Terj. Ahmad Muchlis. Bandung: Kaifa.

Sanjaya, R. (2017). Disruptive Innovation dalam Perguruan Tinggi. Pidato

Pengukuhan Guru Besar dalam Bidang Sistem Informasi. Semarang:

Universitas Katholik Soegijapranata.

Sekilas Sejarah Pergunu. (2013). Diunduh dari Pergunu Kebomas: https://pergunukebomas.wordpress.com/2013/01/26/sekilas-sejarah-pergunu/


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.