PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DALAM MENGAJARKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN UNTUK MEMBANGUN BUDAYA LITERASI ANAK

Nuraeni Abbas, Hartati Hartati, Atip Nurharini

Abstract


Rendahnya budaya membaca anak SD membuktikan masih lemahnya
gairah mendapatkan informasi dan pengetahuan. Hal ini diperlukan peran serta guru untuk meningkatkan motivasi siswa agar gemar membaca. Kenyataan dilapangan menunjukkan bahwa guru-guru Sekolah Dasar Di UPT Pengelola SDSe-Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang masih kesulitan dalam mengajarkanmembaca permulaan. konsep pembelajaran pakem, guru belum memahamidalam mengajarkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakanmodel pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan daripermasalahan tersebut tim pengabdi melakukan kegiatan pengabdian dengan caramengenalkan dan melatih guru-guru SD mengenai penerapan model pembelajaranaktif team assisted individualization (TAI) dalam mengajarkan keterampilanmembaca permulaan untuk membangun budaya literasi anak. Sasaran kegiatanpembelajaran adalah guru-guru sekolah dasar di UPT Se-Kecamatan NgaliyanKota Semarang yang terdiri dari: SDN Ngaliyan 01, SDN Ngaliyan 2, dan SDNNgaliyan 3, Metode yang dipakai dalam kegiatan meliputi: ceramah, Tanyajawab dan simulasi. Hasil yang di capai yaitu: guru-guru SD memahami danmampu menerapkan model pembelajaran aktif team assisted individualization(TAI) dalam mengajarkan keterampilan membaca permulaan untuk membangunbudaya literasi anak,dan minat guru untuk dapat mengajarkan keterampilanmembaca permulaan sangat besar. Kesimpulan kegiatan pengabdian masyarakatadalah 1). minat guru-guru SD untuk belajar mengajarkan keterampilan membacapermulaan sangat besar ditandai dengan banyaknya pertanyaan di sesi tanyajawab, 2). para peserta dapat mengajarkan keterampilan membaca permulaandengan metode yang tepat dan sesuai dengan kurikulum 2013.

Kata Kunci: Model pembelajaran, team assisted individualization, keterampilanmembaca permulaan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.