EVALUASI KELAYAKAN ALAT PERAGA TIGA DIMENSI YANG DIHASILKAN PADA PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN

Dyah Rini Indriyanti, Priyantini Widiyaningrum

Abstract


Pelatihan membuat alat peraga biologi tiga dimensi ini bertujuan
untuk: (a) praktek pembuatan alat peraga tiga dimensi berbasis biologi padamateri embriologi hewan meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam bidangkewirausahaan dengan berkreasi menciptakan alat peraga tiga dimensi berbasisbiologi dan (b) dan (c) analisis kelayakan alat peraga oleh pakar materi. Kegiatandilakukan menggunakan metode pemaparan materi dan praktek langsung dilaboratorium Perkembangan hewan Jurusan Biologi. Untuk mengetahui apakahkegiatan ini mampu meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam kewirausahaan,dilakukan penelitian sederhana menggunakan metode survei terhadap tanggapanpeserta setelah pelatihan. Untuk mengetahui kelayakan alat peraga yang dibuat,dilakukan evaluasi kelayakan oleh pakar materi menggunakan lembar validasi.Data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriptif. Dari hasil data tanggapanpeserta sebelum dan sesudah pelatihan, diketahui bahwa sebanyak 80% pesertapelatihan menyatakan berminat mengaplikasikan ketrampilan ini dalam kegiatanPPL, KKN dan atau penyusunan skripsi. Sebanyak 65% peserta menyatakanberminat memanfaatkan ketrampilannya sebagai alternatif berwirausaha dan70% menyatakan optimis alat peraga semacam ini jika ditekuni akan mampubersaing dipasaran. Meskipun produk yang dihasilkan dalam pelatihan masihterdapat kelemahan dan kekurangan, akan tetapi secara umum hasilnya layakuntuk dimanfaatkan sebagai alat peraga dalam pembelajaran. Hasil evaluasipakar materi diperoleh bahwa 80% produk yang dihasilkan layak digunakan untuk pembelajaran dengan kategori sesuai/baik, sedangkan 20% yang lain kurang sesuai.
Kata kunci : alat peraga, biologi, kewirausahaan, tiga dimensi


References


Alma B. 2005. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung : Alfabeta

Anidityas NA, NR. Utami dan P. Widiyaningrum. 2012. Penggunaan alat peraga sistem pernapasan manusia pada kualitas belajar siswa SMP kelas VIII. Unnes Science Education Journal 1 (2) : 60-69

[Kemendiknas] Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. panduan program mahasiswa wirausaha. direktorat jenderal pendidikan tinggi direktorat kelembagaan tahun 2010.

Prawirokusumo, Yasben & Dana. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewirausahaan : Suatu Upaya Bagi Keberhasilan Program Pendidikan Berbasis Luas (Broad Based Education and Life Skills). Bandung : Angkasa

Sadiman AS, R. Rahardjo, A. Haryono & Rahardjito.1996. Media Pendidikan. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada.

Wadiatmo. 2006. Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI SD dalam menentukan volum bangun ruang melalui penggunaan

alat peraga kubus satuan. Skripsi. Semarang: Jurusan Matematika FMIPA Unnes.

Sudjana N. 2002. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.